Rabu, 29 Februari 2012

Saham Tekno Pimpin Apresiasi Bursa Asia

Headline
INILAH.COM, Sydney – Bursa saham Asia menguat pada Rabu (29/2) pagi, dipimpin saham teknologi. Apresiasi bursa AS dan meredanya lonjakan harga minyak memicu optimisme investor.

Indeks Kospi Korsel naik 0,9%, di Jepang, indeks Nikkei Stock Average naik 0,6% dan di Australia, indeks S&P / ASX 200 naik 0,4%. Penguatan ini membawa bursa Jepang naik sekitar 11% untuk Februari, sementara indeks Korea naik 3%, dan Australia 0,4%.

Kenaikan di bursa Asia terjadi, menyusul penguatan di Wall Street, dengan penutupan Dow Jones Industrial Average di atas 13.000, pertama kalinya sejak Mei 2008. Data kepercayaan konsumen yang naik dan turunnya harga minyak mendorong sentimen pasar.

Investor khawatir bahwa melonjaknya biaya energi baru-baru ini dapat menggagalkan pemulihan ekonomi global. Tapi ekonom Capital Economics Daniel Martin mengatakan bahwa, meskipun relatif tergantung pada minyak, fundamental perekonomian Asia kuat,”Ini berarti pasar Asia dapat menahan tingginya harga, lebih baik daripada ekonomi yang rapuh di tempat lain."

Saham teknologi unggul pagi ini, seperti Panasonic Corp yang melonjak 3,2%, setelah mengumumkan pimpinan baru demi mengembalikan profitabilitas. Saham Toshiba Corp naik 3,1%, setelah perusahaan mengatakan akan menjual anak perusahaan manufaktur hard-disk-drive di Thailand untuk Western Digital Corp.

Penguatan di sektor perkapalan mendongkrak bursa di Seoul, seperti Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co yang melonjak 4,4% dan Samsung Heavy Industries Co yang naik 2,1%.

Saham tambang mendukung kenaikan saham Australia, dengan BHP Billiton Ltd naik 1,2%, dan Rio Tinto Ltd naik 1,1%. Fortescue Metals Group Ltd juga naik 2,4%. Saham ritel juga menjadi incaran, setelah data penjualan ritel Januari merilis sesuai perkiraan konsensus. [ast]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar