Rabu, 29 Februari 2012

Emas bertengger di level tertinggi tiga bulan

Emas bertengger di level tertinggi tiga bulan
SINGAPURA. Emas lanjut reli, dan diperdagangkan di level tertinggi dalam tiga bulan. Sepanjang Februari ini, pun harga emas tercatat telah naik 3%.

Emas spot untuk pengiriman cepat naik 0,3% ke level US$ 1.790,18 per ons troy, sebelum bertengger di US$ 1.790,02 per ons troy pada pukul 12.56 di Singapura. Ini harga tertingginya sejak 14 November lalu.

Sementara, emas untuk pengiriman April di Comex-NYMEX, reli tipis ke US$ 1.788,5 per ons troy, dari posisi kemarin di US$ 1.788,4 per ons troy pada perdagangan elektronik pukul 13.00 WIB.
Laju harga emas terjadi lantaran investor mencari alternatif investasi seiring lemahnya dollar AS. Mata uang negeri Paman Sam melemah terhadap euro, sebelum Bank Sentral Eropa mengalokasikan pinjaman kedua untuk perbankan di kawasan itu. Hari ini, euro tercatat menguat 0,5% terhadap dollar AS.

Analis yang disurvei Bloomberg News memperkirakan, ECB akan mengucurkan pinjaman tahap kedua senilai 470 miliar euro kepada perbankan di zona Euro.
Huang Wei, analis Huatai Great Wall Futures Co. menyebut, hari ini, pasar akan fokus pada besaran dana yang akan diberikan oleh ECB. "Emas diperhadapkan pada level resistance kuat di US$ 1.800. Dan, jika pinjaman ECB melebihi ekspektasi, maka mungkin akan mendorong emas melewati level itu," prediksi Wei, di Shanghai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar