Senin, 27 Februari 2012

Desakan dari G20 memicu bursa Eropa rontok

Desakan dari G20 memicu bursa Eropa rontok
LONDON. Bursa saham Eropa tumbang, memperpanjang koreksi yang berlangsung sepekan lalu. Pasar saham di benua biru ini tertekan lantaran negara G20 menolak permintaan dari negara zona Euro untuk meningkatkan pendanaan di Dana Moneter Internasional (IMF).

Indeks Eropa Stoxx 600 turun 0,5% ke posisi 263,45 pada pukul 8.29 di London. Pekan lalu, indeks acuan saham Eropa ini tergerus 0,4%. Sementara itu, indeks Stoxx 50 terpangkas 1,22%. Lalu, indeks FTSE 100 jatuh 0,84%, dan indeks DAX tumbang 1,34%.

Pejabat G-20 dalam pertemuan di Meksiko kemarin, justru meminta para pemimpin zona Euro untuk menyediakan lebih banyak dana talangan, sebelum negara G20 turun tangan untuk membantu. Desakan ini menempatkan tanggung jawab besar pada Jerman, sebagai penyumbang terbesar dalam dana talangan.

Sebagai catatan, awal bulan ini, para pemimpin zona Euro telah menyepakati dana bailout permanen senilai 500 miliar euro (US$ 673 miliar). Ada kekhawatiran dana tersebut tidak mungkin bisa menyelamatkan sebuah negara yang terpuruk dalam utang.

G20 menyebut, langkah tersebut sangat penting bagi mereka untuk memutuskan pengalokasian lebih banyak dana di Dana Moneter Internasional (IMF) untuk membantu kawasan Euro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar