Senin, 27 Februari 2012

Lonjakan harga minyak menekan bursa Asia

Lonjakan harga minyak menekan bursa Asia
TOKYO. Menjelang sore, saham-saham yang ditransaksikan di bursa Asia dilanda aksi jual. Pada pukul 16.17 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific tercatat turun 0,9% menjadi 126,38.

Mayoritas indeks acuan juga melorot hari ini. Ambil contoh, indeks Nikkei 225 Stock Average turun 0,1%, S&P/ASX 200 turun 0,9%, Kospi Korea Selatan turun 1,4%, dan Straits Times Singapura turun 0,7%.

Sementara itu, saham-saham berkapitalisasi besar juga memerah. Beberapa di antaranya yakni: Korean Air Lines Co yang turun 5,3% di Seoul, Newcrest Mining Ltd turun 3% di Sydney, dan Sony Corp yang turun 5,3% di Tokyo.

Penyebab aksi jual yang melanda bursa Asia adalah lonjakan harga minyak dunia yang mendekati level tertinggi dalam sembilan bulan terakhir serta kecemasan investor bahwa Yunani tak akan mampu menghindari default atas utangnya. Faktor-faktor tadi yang kemudian memicu investor untuk segera merealisasikan keuntungannya.

"Semakin tinggi kenaikan harga minyak, maka kecemasan investor juga semakin tinggi. Eropa juga masih berkutat dengan bailout dan ada sejumlah pihak yang tidak setuju mengenai hal tersebut. Faktor-faktor ini yang bisa menggoyang pasar," jelas Matt Riordan, analis Paradice Investment Management Pty di Sydney.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar