Senin, 20 Februari 2012

IHSG Menanjak, Empat Saham Dijagokan

INILAH.COM, Jakarta – Laju IHSG Senin (20/2) diprediksi menguat. Positifnya data-data ekonomi AS dan optimisme restrukturisasi utang Yunani jadi katalisnya. Empat saham dijagokan untuk trading.

Pada perdagangan Jumat (17/2), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG ) ditutup menguat 48,93 poin (1,25%) ke level 3.976,542 dengan intraday tertinggi 3.976,582 dan terendah 3.928,238. Begitu juga indeks saham unggulan LQ45 yang naik 10,84 poin (1,59%) ke angka 692,396.

Analis Sinarmas Securities, Jansen Kustianto memperkirakan, indeks saham domestik bakal menguat awal pekan ini. “Pada perdagangan hari Senin (20/2), secara teknikal indeks cenderung bergerak menguat pada kisaran support 3.950hingga resistance 4.010,” katanya kepada INILAH.COM, di Jakarta, akhir pekan lalu.

Potensi penguatan indeks, lanjut dia, salah satunya dipicu oleh optimismepasar bahwa petinggi uni Eropa akan menyetujui proses resturkturisasiutang Yunani. “Di sisi lain, Uni Eropa juga akan memberikan dana talangan terhadap Yunani,” ucapnya.

Pada saat yang sama, indeks juga mendapat dukungan positif dari data-data ekonomi ASyang dirilis belakangan ini dan menunjukkan angka yang positif seperti data inflasi. “Semua itu, dapat memberikan sentimen terhadap indeks,” timpalnya.

Data-dataAS tersebut antara lain Jobless Claim, laporan Penjualan Perumahan, dan Indeks Harga Produsen yang semuanya mencatatkan angka yang positif.Begitu juga dengan laporan manufaktur Philadelphia dan New Yorkyang menggembirakan.

New York Manufacturing Index dirilis di level 19,5 dari sebelumnya 13,5. Begitu juga dengan Manufacturing Index kawasan Philadelphia yang dirilis positif 10,2 di atas angka bulan sebulumnya 7,3.

Sementara itu, Indeks Harga Produsen AS dirilis naik jadi 0,4% dari bulan sebelumnya 0,3%.Termasuk juga angka Unemployment Claims yang dirilis 348 ribu atau lebih rendah dari sebelumnya 381 ribu.

Di atas semua itu, Jansen merekomendasikan positif empat saham dari grup Astra, sektor aneka industri, dan pertambangan.

Saham-saham pilihannya adalah PT Astra Agro Lestari (AALI), PT Astra Internasional (ASII), PT Gajah Tunggal (GJTL), dan PT Harum Energy (HRUM).“Itulah saham-saham yang dapat diperhatikan untuk day trading,” imbuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar