Kamis, 08 Maret 2012

Harga Minyak Dunia Menguat di Pasar Asia

Medium
INILAH.COM, Singapura - Minyak mentah duia di Asia pada perdagangan Kamis (8/3) menguat. dengan lamanya perundingan Yunani dengan kreditor swasta.

Harga minyak AS jenis light sweet naik 21 sen menjadi US$106,37 melalui transaksi elektronik di New York Mercantile Exchange (NYMEX) untuk pengiriman April. Sementara minyak jenis lgiht sweet naik 14 sen saja menjadi US$124,26 per barel di Inggris. Demikian mengutip cnbc.com.

Pada perdagangan Selasa kemarin, minyak mentah dunia melemah setelah perbankan dan dana pensiun mendukung perundingan yunani dan kreditor swasta. Hal ini memberikan keyakinan Yunani dapat mengatasi masalah utang jatuh tempo.

Namun saat ini, Yunani masih terus berunding dengan kreditur swasta. Sentimen pasar juga bercampur menjelang data pekerjaan dari AS sehingga ikut mendorong kenaikan harga.

"Saat ini situasi yang sangat sulit antara sentimen Yunani dan Amerika. Ada kemungkinan harga bergerak lebih besar dari yang telah ditunjukkan dalam beberapa hari terakhir ini," kata Ken Hasegawa analis di Newedge Jepang.

Yunani memiliki batas akhir perundingan dengan kreditor swasta untuk melakukan restrukturisasi utang. Yunani akan memangkas utang hingga 100 miliar euro.

Data dari AS, sektor swasta menyerap 216.000 tenaga kerja baru. hal ini melampaui ekspektasi ekonom sebesar 208.000. Hal ini memberi harapan pemulihan pasar tenaga kerja akan bergerak lebih cepat.

Bursa Asia hari ini positif seperti indeks Hang Seng naik 0,9%, indeks Nikkei naik 1,7%, indeks Shanghai naik 1,2% dan indeks ASX naik 0,06%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar