Kamis, 08 Maret 2012

Wall Street rebound terdongkrak data AS dan Yunani

Wall Street rebound terdongkrak data AS dan Yunani
NEW YORK. Mayoritas saham yang ditransaksikan pada bursa AS ditutup dengan lonjakan. Pada pukul 16.00 waktu New York, indeks Standard & Poor's melaju 0,7% menjadi 1.352,63. Sehari sebelumnya, indeks acuan Wall Street ini sempat anjlok 1,5%. Sedangkan indeks Dow Jones Industrial Average naik 0,6% menjadi 12.837,33.

Sektor finansial dan industri mencatatkan lonjakan terbesar di antara sepuluh sektor lain di S&P 500. Saham-saham yang pergerakannya turut mempengaruhi pergerakan bursa AS antara lain: Bank of America Corp dan Caterpillar Inc yang naik masing-masing setidaknya 2,2%. Selain itu, Apple Inc naik 0,1% setelah memperkenalkan produk anyarnya, yakni iPad dengan layar yang lebih tipis.

Lonjakan pasar saham kali ini dipengaruhi oleh data ekonomi AS yang menunjukkan adanya peningkatan lapangan kerja di Negeri Paman Sam itu. Selain itu, sentimen Yunani juga turut mempengaruhi Wall Street di mana semakin banyak investor yang menandatangani debt swap Yunani.

"Pasar memang ingin melaju. Data ADP menunjukkan hal yang positif. Selain itu, semakin banyak investor yang berpartisipasi dalam program debt swap Yunani semakin baik pula bagi pasar. Ditambah, ada laporan yang mengatakan bahwa the Fed akan terus membeli obligasi, namun dia tidak akan menaikkan neracananya," papar Jack Ablin, chief investment officer Harris Private Bank.

Sekadar catatan, data ADP Employers Services menunjukkan, ada penambahan sekitar 216.000 pekerka pada Februari lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar