Jumat, 29 April 2011

Penjualan bersih INDF naik 15,6% menjadi Rp 10,76 triliun di kuartal I 2010

Penjualan bersih INDF naik 15,6% menjadi Rp 10,76 triliun di kuartal I 2010
JAKARTA. PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) membukukan kenaikan penjualan bersih konsolidasi sebesar 15,6% menjadi Rp 10,76 triliun pada kuartal pertama 2011 dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Seluruh kelompok usaha strategis, yaitu produk konsumen bermerek (CBP), Bogasari, agribisnis, dan distribusi mengalami pertumbuhan penjualan yang baik.

Grup CBP yang mencakup divisi mi instan, dairy, penyedap makanan, makanan ringan, nutrisi, dan makanan khusus mencatat pertumbuhan total nilai penjualan sebesar 8,3%. Hal ini didorong peningkatan volume penjualan dan harga jugal rata. CBP masih menjadi penyumbang terbesar untuk penjualan bersih konsolidasi denga persentase kontribusi mencapai 43%.

Grup Bogasari tumbuh lebih tinggi sebesar 15,9% dibandingkan kuartal pertama 2010. Pemicunya, kenaikan volume penjualan dan kenaikan harga jual tepung terigu. Kontribusi grup Bogasari terhadap penjualan bersih konsolidasi adalah 26%.

Grup agribisnis ikut mengecap untung dengan kenaikan harga CPO dan karet. Penguatan harga dibarengi peningkatan produksi dan penjualan produk minyak serta lemak nabati memberikan kenaikan atas total nilai penjualan grup sebesar 37,5% dibandingkan kuartal pertama tahun lalu. Adapun kotribusi grup agribisnis terhadap penjualan bersih perseroan adalah 23%.

Terakhir, grup distribusi pada kuartal pertama 2011 tumbuh 4,2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kontribusi grup distribusi terhadap penjualan bersih INDF adalah sebesar 8%.

Bukan cuma penjualan yang meningkat, marjin laba kotor dan marjin laba usaha INDF pada kuartal pertama 2011 pun ikut naik masing-masing sebesar 30,9% dan 16,5%. Sementara itu, laba bersih INDF di periode yang sama, naik sebesar 16,4% menjadi Rp 735,6 miliar.

"Dengan kinerja kuat di awal tahun ini, kami akan terus memanfaatkan kekuatan bisnis model yang kami miliki. Kami berharap bisa melanjutkan kinerja yang baik ini ke depan," ungkap Direktur Utama INDF Anthoni Salim, dalam keterangan pers, Jumat, (29/4).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar