Jumat, 30 September 2011

Bursa Asia bergerak volatil pagi ini

Bursa Asia bergerak volatil pagi ini
TOKYO. Pergerakan bursa Asia pagi ini mengambang antara zona merah dan hijau. Pada pukul 09.47 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 0,2% menjadi 114,33. Pada transaksi sebelumnya, indeks acuan bursa Asia ini turun 0,3%. Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average Jepang naik 0,38%. Sedangkan indeks S&P/ASX 200 naik 0,45%.

Sejumlah saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa Asia antara lain: James Hardie Industries SE turun 0,7% di Sydney, Promise Co naik 2,6% di Tokyo, dan inpex Corp naik 1,5% di Tokyo.

Rupanya, data penurunan klaim pengangguran di AS belum mampu meredakan kecemasan investor akan krisis yang tengah membelit perekonomian global. "Kecemasan mengenai perlambatan ekonomi AS masih tinggi. Harus ada data AS lain yang positif untuk meredakan kecemasan," jelas Juichi Wako, senior strategist Nomura Holdings Inc.

Catatan saja, indeks MSCI Asia Pacific sudah turun 8,5% sepanjang bulan ini. Sementara, sepanjang kuartal III, penurunannya mencapai 15%, penurunan kuartalan terbesar sejak akhir Desember 2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar