Jumat, 30 September 2011

Bank Spanyol Ambilalih 3 Bank Gagal

Medium
INILAH.COM, Jakarta - Bank Spanyol diperkirakan mengumumkan akan mengambil alih setidaknya tiga bank umum gagal untuk menarik modal swasta di bawah program pemerintah yang bertujuan memulihkan kepercayaan sistem perbankan negara ini.

Mengutip Reuters, bank sentral diperkirakan menyuntikkan modal ke dua bank umum di wilayah timur Catalonia, Caixa Catalunya dan Unnim ditambah bank NovaCaixaGalicia, di wilayah utara Galicia dan mungkin bank lainnya.

Bank umum Spanyol yang konsen terhadap keprihatinan sistem keuangan di negara ekonomi terbesar keempat di zona euro ini, di mana pemerintah sedang berjuang untuk memaksakan defisit belanja publik. Bank-bank non listed ini jumlahnya berkurang sejak didorong untuk merjer oleh pemerintah tahun lalu. Kredit terbesar untuk pengembang real estate selama booming perumahan dan digunakan oleh politisi lokal untuk mendanai proyek-proyeknya.

Bank Spanyol memperkirakan sistem perbankan negara memiliki kekurangan modal 17 miliar euro ($ 23 miliar) dan analis percaya ini disebabkan kerugian pada aset real estat bermasalah. "Spanyol mungkin akan ditekan untuk melakukan rekapitalisasi," kata Neil Smith, seorang analis perbankan di West LB.

Jumat adalah batas waktu bagi bank-bank umum untuk mencari modal swasta untuk meningkatkan keamanan finansial mereka atau dilakukan nasionalisasi.

Dua bank, yaitu Bankia dan Banca Civica berhasil keluar dari masalah pendanaan mereka dengan melakukan penawaran umum perdana pada bulan Juli, tetapi yang lain telah gagal untuk menarik investasi swasta.

Sebanyak tiga bank dinasionalisasi mempercantik 7 persen dari sistem perbankan Spanyol dan akan menggunakan hanya kurang dari 5 miliar euro dana negara melalui Bank of Spanyol yang memperkirakan bank kekurangan modal. Jumlah dana negara yang akan disuntikkan ke bank-bank umum tidak akan melebihi 7,7 miliar euro, termasuk yang telah digunakan untuk menasionalisasi bank Caja de Mediterraneo (CAM), Bank Sentral Spanyol mengatakan.

Peningkatan dana bailout Eropa, menunggu persetujuan parlemen nasional di 17 blok mata uang anggota, dapat digunakan untuk menyuntikkan modal ke dalam sistem perbankan Spanyol.

Rekapitalisasi oleh Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa (EFSF) bisa menarik lebih banyak investor swasta untuk sistem perbankan Spanyol, Smith dari West LB mengatakan. "Prospek Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa berpotensi lebih besar dapat meningkatkan sentimen bank-bank Eropa dan menarik modal swasta dengan lebih mudah," katanya. Gubernur Bank Spanyol Miguel Angel Fernandez Ordonez akan melakukan jumpa pers pada pukul 10.00 GMT Jumat (30/9).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar