Jumat, 30 September 2011

Sentimen di Jerman tak Kuat Topang Saham Eropa

Sentimen di Jerman tak Kuat Topang Saham Eropa
INILAH.COM, London - Saham Eropa Jumat (30/9) mengindikasikan pelemahan saat dibuka akibat persetujuan penambahan dana Jerman ke Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa (EFSF) terbukti tidak cukup untuk mempertahankan momentum positif di pasar.

Mengutip CNBC, pasar Eropa menutup kuartal ketiga dari krisis utang yang diderita oleh zona euro dan menemukan perkembangan sebagian besar sentimen di pasar di Amerika Serikat dan seterusnya. Periode ini telah menjadi salah satu yang brutal bagi investor: CAC 40 Prancis jatuh 24 persen untuk kuartal; DAX Jerman turun 23,5 persen, dan FTSE Inggris telah mengalami penurunan 12,6 persen.

S & P 500 turun 12 persen, juga kuartal terburuk bagi Amerika Serikat sejak krisis keuangan.

Pada hari Kamis, berita tentang Jerman mendorong saham Eropa naik, dengan pan-Eropa FTSEurofirst 300 Index ditutup naik ke 929,58 setelah jatuh 1,2 persen pada sesi sebelumnya.

Parlemen Jerman Kamis menyetujui reformasi ke EFSF yang akan memungkinkan dana untuk berpartisipasi di pasar primer dan untuk rekapitalisasi bank-bank Eropa dalam pemungutan suara. Para EFSF adalah kendaraan yang dibiayai oleh anggota zona euro, diciptakan pada Mei tahun lalu, dirancang untuk memberikan bantuan keuangan kepada negara-negara zona euro yang mengalami kesulitan ekonomi.

Data ekonomi AS juga membantu penguatan saham Eropa kemarin, karena Departemen Perdagangan mengatakan ekonomi tumbuh pada tingkat tahunan 1,3 persen pada kuartal kedua dan klaim pengangguran awal turun lebih dari yang diperkirakan, turun 37.000 sampai 391.000 untuk seminggu yang berakhir tanggal 24 September. Kedua angka lebih baik dari perkiraan analis.

Ke depan, Presiden Prancis Nicolas Sarkozy bertemu dengan Perdana Menteri Yunani George Papandreou di Paris pada Jumat. Jumat juga menandai batas waktu bagi bank tabungan Spanyol untuk meningkatkan rasio modal. Bank Spanyol melakukan konferensi pers pukul 10 a.m BST.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar