Jumat, 28 Oktober 2011

Reli, indeks S&P 500 menghapus penurunan di sepanjang 2011

Reli, indeks S&P 500 menghapus penurunan di sepanjang 2011
NEW YORK. Sebagian besar saham-saham yang ditransaksikan pada bursa AS ditutup dengan kenaikan. Pada pukul 16.00 waktu New York, indeks Standard & Poor's 500 naik 3,4% menjadi 1.284,59. Ini merupakan level tertinggi sejak 1 Agustus lalu. Dengan demikian, indeks S&P menghapus penurunan yang terjadi di sepanjang 2011. Sedangkan indeks Dow Jones Industrial Average naik 2,9% menjadi 12.208,55.

Saham-saham yang pergerakannya mempengaruhi pergerakan bursa AS di antaranya: Bank of America Corp dan JPMorgan Chase & Co yang naik setidaknya 8,3%. Selain itu, ada pula Alcoa Inc dan General Electric Co yang menanjak lebih dari 6,2%. Sementara, sektor transportasi yang ditransaksikan pada indeks Dow Jones melonjak 4,5%.

Lonjakan bursa AS terjadi karena pemimpin Uni Eropa menyetujui untuk menambah dana bailout menjadi US$ 1,4 triliun. Tidak hanya itu, pertumbuhan ekonomi AS juga mencatatkan kenaikan.

"Sejumlah strategi penyelamatan Eropa dirilis pada saat yang tepat. Pasar sepertinya ingin mengatakan, oke, kami akan memberikan kesempatan bagi mereka untuk bekerja. Pimpinan Eropa bisa mengacaukan segalanya, namun hal itu urusan belakangan," jelas Michael Shaoul, chairman of Marketfield Asset Management di New York.

Sekadar mengingatkan, kecemasan mengenai krisis utang Eropa sempat menekan indeks S&P 500 ke level terendah dalam setahun terakhir pada awal bulan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar