Jumat, 28 Oktober 2011

Bursa Asia Lanjutkan Apresiasi Pagi Ini

INILAH.COM, Sydney – Bursa saham Asia pada Jumat (28/10) memperpanjang reli, merespon penguatan saham global. Hal ini dipicu pengumuman upaya terbaru Eropa untuk mengatasi krisis utang kawasan.

Di Jepang, indeks Nikkei Stock Average naik 1,8%, di Korea Selatan, indeks Kospi juga naik 1,8%, dan di Australia, indeks S & P / ASX 200 naik 1,4%.

Indeks tersebut mengalami kenaikan 1,5% dan 2,5% kemarin, yang diikuti reli saham Eropa dan AS, setelah para pemimpin Eropa mengajukan rencana yang mencakup 50% writedown atas utang pemerintah Yunani yang dipegang oleh pemegang obligasi swasta. Selain dorongan peningkatan dana bailout kawasan.

Rencana Eropa merupakan kabar positif, yang menunjukkan adanya kesepakatan terhadap sesuatu, meskipun sejarah telah menunjukkan bahwa persetujuan terhadap proposal adalah prestasi kecil," kata ekonom Investec Victoria Cadman.

Perbankan Asia telah melonjak sejak kemarin setelah berita tersebut, dan terus berlanjut pagi ini, dengan Nomura Holdings Inc naik 4,7%, dan Mitsubishi UFJ Financial Group Inc naik 2,6% di Tokyo. Di Sydney, Commonwealth Bank of Australia naik 1,5%, dan Westpac Banking Corp naik 1,9%.

Bank investasi Macquarie Group Ltd melonjak 4,4% setelah perusahaan membukukan penurunan laba semester pertama tetapi juga mengatakan akan membeli kembali 10% sahamnya.

Pembuat mobil di Jepang mengalami pemulihan bersama dengan eksportir lainnya. Eropa merupakan tujuan ekspor utama bagi banyak perusahaan. Selain itu, percepatan pertumbuhan ekonomi AS pada kuartal ketiga menunjukkan, potensi mengurangi beberapa kekhawatiran tentang resesi double-dip di AS.

Saham Honda Motor Co naik 3,6%, dan Toyota Motor Corp meningkat 2%. Sony Corp naik 2,9%, sementara Nikon Corp menguat 3,6%. Adapun saham Samsung Electronics naik 0,9%. [ast]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar