Kamis, 06 Oktober 2011

Wall Street melanjutkan reli, terdongkrak data ekonomi positif AS

Wall Street melanjutkan reli, terdongkrak data ekonomi positif AS
NEW YORK. Mayoritas saham di bursa AS ditutup reli kemarin malam. Pada pukul 16.00 waktu New York, indeks Standard & Poor's 500 naik 1,8% menjadi 1.144,03. Itu artinya, dalam dua hari terakhir, indeks S&P 500 melonjak 4,1%. Ini merupakan lonjakan dua harian terbesar sejak sebulan terakhir. Sedangkan indeks Dow Jones Industrial Average naik 1,2% menjadi 10.939,95.

Saham-saham berkapitalisasi besar yang pergerakannya turut mempengaruhi bursa AS antara lain: Alcoa Inc dan Cisco Systems Inc dengan kenaikan masing-masing sebesar 2,7%. Selain itu, ada pula Mosanto Co yang naik 5,2% dan Apple Inc yang naik 1,5%.

Beberapa pemicu kenaikan Wall Street kemarin antara lain data ekonomi AS yang melampaui prediksi analis serta spekulasi aksi Eropa untuk mencegah penyebaran krisis utang Eropa.

Sejumlah data positif ekonomi AS yang menyokong Wall Steet antara lain kenaikan data karyawan swasta pada bulan lalu serta Institute for Supply Management's non manufacturing index yang turun ke level 53, lebih tinggi ketimbang prediksi 75 ekonom yang disurvei Bloomberg sebesar 52,8.

"Trend pasar saham saat ini mulai reli setelah sebelumnya terjadi kepanikan besar-besaran. Akan ada reevaluasi terhadap sektor finansial atas kemungkinan pemberian rekapitalisasi di Eropa. Tapi, akan lebih baik jika kita sudah melihat level bottom pasar saham," urai Michael A Gayed, chief investment strategist Pension Partners LLC di New York.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar