Kamis, 06 Oktober 2011

IMF Plin-plan Soal Dukungan ke Zona Eropa

Headline
INILAH.COM, Jakarta - Dana Moneter Internasional (IMF) tidak sedang mempertimbangkan untuk membeli obligasi di pasar utang Eropa dalam kerjasamanya dengan bailout zona euro.

Hal ini disampaikan Kepala IMF Eropa dalam komentarnya seperti dilansir Dow Jones. "Kami tidak memiliki tambahan permintaan untuk dukungan dari Eropa dan anggota kami tidak mempertimbangkan keterlibatan pasar dengan EFSF," kata Antonio Borges, kepala IMF Eropa dalam sebuah pernyataan.

Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa (EFSF) akan melakukan bailout sebesar 440 miliar ke zona euro.

Sebelumnya Rabu, Borges mengatakan IMF bisa intervensi di pasar obligasi sekunder, di samping bailout dana zona euro.

Seperti diusulkan, IMF akan membuat proposal khususu untuk membeli obligasi di bawah tekanan di pasar sekunder dan primer, Borges mengatakan pada konferensi pers di Brussels, Belgia. Borges mengatakan dalam sebuah pernyataan kemudian bahwa sumber dana saat ini tidak dapat digunakan untuk melakukan intervensi di pasar obligasi secara langsung.

"Setiap alternatif pembiayaan seperti membeli obligasi akan memerlukan struktur hukum yang berbeda dan penggunaan sumber pembiayaan yang berbeda," katanya. "Namun IMF tidak membahas masalah ini dengan keanggotaannya," kata Borges.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar