Kamis, 06 Oktober 2011

Isu Rekap Bank Bakal Angkat Saham Eropa

Medium
INILAH.CIM, London - Saham Eropa diperkirakan akan dibuka menguat pada perdagangan Kamis (6/10 setelah reli Rabu, karena investor berharap rekapitalisasi bank lebih dari rencana Uni Eropa dan Kanselir Jerman Angela Merkel menegaskan bahwa Jerman siap untuk rekapitalisasi bank-bank jika diperlukan.

Mengutip CNBC, indeks FTSE diperkirakan akan naik 30 poin, indeks DAX di Frankfurt diperkirakan akan dibuka naik 21 poin dan indeks CAC 40 diperkirakan akan naik 15 poin. Indeks Stoxx 600 Eropa saham perbankan pulih dari penurunan tiga hari pada Rabu, ditutup naik 3,1 persen.

Saham Deutsche Bank naik 7,6 persen di Frankfurt, sementara bank BNP Paribas Prancis naik 8,5 persen di Paris. Saham battered Franco-Belgian bank Dexia juga naik 1,3 persen di Brussels serelah pada Rabu membawa kerugian mingguan mereka menjadi 29 persen.

Di Asia semalam, saham naik di tengah optimisme baru atas rencana bank-bank Eropa dan data AS lebih baik dari perkiraan.

Mendominasi berita adalah kematian dari pendiri Apple Steve Jobs, salah satu pengusaha besar dunia pada usia 56 setelah berjuang melawan kanker pankreas.

Euro rebound terhadap dolar pada Rabu menyusul berita dari Jerman yang siap untuk bertindak pada bank domestik, tetapi jatuh sedikit di perdagangan semalam di Asia menjelang pertemuan yang sangat diantisipasi dari kebijakan moneter Bank Sentral Eropa.

Semua mata akan tertuju ke Frankfurt pada Kamis siang, di mana ada pertemuan ECB dan akan mengadakan jumpa pers pada pukul 12:45 waktu London. Telah terjadi peningkatan ketidakpastian tentang apakah bank sentral akan memutuskan untuk mempertahankan suku bunga pada 1,5 persen, atau tunduk pada tekanan untuk menurunkannya karena kekhawatiran default Yunani, menumpuk lebih banyak tekanan pada masalah bank zona euro. Bank of England akan mengumumkan keputusan suku bunga bulanan menjelang ECB pada pada pukul 12.00 dan diperkirakan untuk menahan suku bunga pada 0,5 persen.

Di Berlin Kanselir Jerman Angela Merkel akan menjadi tuan rumah pertemuan tahunan dengan kepala IMF Christine Lagarde dan Presiden Bank Dunia Robert Zoellick untuk meningkatkan sistem moneter internasional pada pukul 03:00 waktu London.

Direktur Umum OECD Angel Gurria juga akan hadir, dengan konferensi pers yang dijadwalkan pukul 16:00. Krisis utang Yunani spsertinya akan mendominasi diskusi hari itu, di mana pekerja sektor publik di Yunani diperkirakan mogok untuk memprotes langkah-langkah penghematan Pemerintah. Data ekonomi utama keluar pada Kamis, termasuk angka bulanan sektor jasa Inggrispukul 9.30 dan orde manufaktur Jerman untuk Agustus pada pukul 11:00 waktu Inggris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar