Kamis, 06 Oktober 2011

Saham Citic Securities Anjlok 4,5%

Medium
INILAH.COM, Jakarta - Saham Citic Securities, broker listed terbesar China jatuh 4,5 persen sebelum pulih dalam pencatatan perdananya di Bursa Hong Kong setelah meraup sekuitar US$1,7 miliar dalam IPO tersebut.

Citic Securities adalah satu di antara beberapa perusahaan yang berhasil meluncurkan penawaran saham perdananya di Hong Kong selama beberapa bulan terakhir, setelah terjadi penundaan dalam waktu panjang karena gejolak pasar.

Mengutip Reuters, dalam perdagangan pagi, saham Citic Securities diperdagangkan di harga HK $ 12,96 dibanding harga penawaran HK $ 13,30 dan pulih dari hari terendahnya di HK $ 12,70. Perusahaan menjual saham di bawah kisaran harga revisi HK $ 13,30 - $ 15,20 per saham minggu lalu.

Sementara saham ditutup di harga penawaran, yang diperdagangkan jauh di bawah pasar di tempat lain. Indeks saham Hong Kong naik 4,4 persen pada awal perdagangan.

Saham Citic Securities telah terdaftar di Bursa saham Shanghai, merupalan anak usaha kelompok konglomerat Citic atau Citic Group yang dibentuk pada tahun 1979 sebagai gruop keuangan China.
Listed di Hong Kong muncul pada saat pasar saham global telah jatuh di tengah kekhawatiran terhadap krisis utang Eropa. Indeks Hang Seng jatuh ke level terendahnya dalam 2,5 tahun pada Selasa, jatuh delapan dari sembilan sesi, di mana indeks kehilangan sekitar 15 persen.

Citic Securities merupakan terbesar yang listing di Hong Kong sejak pencatatan saham perdana sebesar US$2,5 miliar dari industri barang mewah Prada pada bulan Juni.

IPO ini yang pertama mendekati $ 35 miliar dari penjualan saham di Hong Kong dan China masih merencanakan dalam beberapa bulan mendatang oleh perusahaan keuangan, termasuk Haitong Securities, New China Life dan China Guangfa Bank.

Investor masih mewaspadai pasar modal karena kekhawatiran sisa-sisa masalah utang di Eropa dan kekhawatiran perlambatan ekonomi di AS dan China. Bulan lalu, sekitar US$4,5 miliar transaksi di Hong Kong termasuk Sany Heavy Industry dan saingannya XCMG Construction Machinery, menggarisbawahi adanya minat investor yang hangat untuk IPO.

Selain Citic Securities, lima perusahaan lain termasuk industri pembuat sepatu Hongguo International dan perusahaan teh Tenfu menjual saham di Hong Kong dua minggu lalu sejak penawaran kembali setelah absen dua bulan.

Lima penawaran yang mengangkat total sebesar $ 510 juta. Perlambatan dalam penjualan saham bulan terakhir di Hong Kong, Singapura dan pasar besar lainnya di wilayah ini memberikan kontribusi terhadap penurunan sebesar 49% di pasar modal Asia Pasifik pada kuartal ketiga dari tahun sebelumnya.

Perusahaan Efek di China yang diperkirakan akan mencatatkan pertumbuhan laba tahunan hampir 20% antara 2011 dan 2013, didukung oleh aktivitas pasar modal yang meningkat dan bisnis baru seperti pembiayaan margin dan investasi ekuitas swasta, BOC memperkirakan.

Yang bertindak sebagai underwriter IPO Citic Securities adalah kelompok bank termasuk BOC International, CCB International, Bank of America Merrill Lynch dan unit Credit Agricole CLSA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar