Rabu, 04 Januari 2012

Bursa Asia melaju karena optimisme ekonomi global rebound

Bursa Asia melaju karena optimisme ekonomi global rebound
TOKYO. Optimisme perekonomian global bakal rebound di tahun ini, mengangkat pasar saham Asia untuk hari yang kedua. Indeks MSCI Asia Pasifik reli 1% ke posisi 116,55 pada pukul 9.26 waktu Tokyo.

Sementara itu, indeks Nikkei 225 melaju 1,29% ke level 8.564,10. Lalu, indeks Kospi menguat 0,13% ke 1.877,78, dan indeks Australia S&P/ASX 200 maju 2,39% ke 4.199,20.

Pasar optimis terhadap proyeksi ekonomi global setelah data manufaktur Australia, China, India, hingga Amerika Serikat menunjukkan sinyal ekspansi. Hal itu mengindikasikan perekonomian global, khususnya regional mampu bertahan dari imbas krisis utang Eropa.

Beberapa saham berkapitalisasi besar yang berkontribusi menyokong pasar regional, antara lain, saham produsen mobil terbesar di dunia, Toyota Motor Corp. yang reli 2,3%. Selain itu, saham James Hardie Industries SE naik 2,8% di Sydney. Lalu, BHP Billiton Ltd. yang melejit 4% seiring laju harga komoditas.

"Kekhawatiran terhadap masa depan ekonomi global surut. Pasar global memulai tahun ini dengan catatan positif, karena investor meningkatkan toleransi mereka terhadap risiko," kata Hiroichi Nishi, manajer ekuitas SMBC Nikko Securities Inc., di Tokyo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar