Rabu, 04 Januari 2012

Wall Street sumringah karena sinyal positif manufaktur global

Wall Street sumringah karena sinyal positif manufaktur global
NEW YORK. Pasar saham AS sumringah seiring adanya sinyal peningkatan produksi manufaktur di China, Australia hingga Amerika. Reli Wall Street bahkan menggiring indeks Dow Jones Industrial Average ke level tertinggi sejak Juli lalu.

Indeks Dow Jones ditutup melonjak 1,5% ke posisi 12.397.38 pada pukul 4 sore waktu New York. Sementara, indeks Standard & Poor's 500 menguat 1,6% ke 1.277,06. Ini merupakan level tertinggi sejak 28 Oktober.

Produksi manufaktur global menunjukkan tanda peningkatan pada Desember lalu. AS melaporkan, produksi pabrik tumbuh di laju tercepat dalam enam bulan. Indikator ekonomi ini memicu optimisme perekonomian AS dapat terhindar dari imbas krisis utang Eropa.

Tak hanya itu, data manufaktur Australia per Desember juga meningkat untuk pertama kali dalam enam bulan. Sebelumnya, data manufaktur China dan Jerman bahkan dirilis melampaui perkiraan ekonom.

"Orang-orang mulai terlihat ingin mengambil lebih banyak risiko," ujar Frank Ingarra dari NorthCoast Asset Management LLC, di Connecticut.

Bursa saham juga berhasil mempertahankan penguatan, karena indikasi Gubernur Federal Reserves cenderung untuk mengubah ekspektasi waktu dalam menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya sejak Desember 2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar