Jumat, 24 Februari 2012

Bursa Eropa Berpotensi Naik

Headline
INILAH.COM, London - Bursa saham Eropa berpotensi menguat pada perdagangan Jumat (24/2/2012) dengan data AS yang positif.

Aata klaim pengangguran AS memberi secercah harapan. Klaim pengangguran pada pekan terakhir tetap 351.000. Namun dari survei klaim untuk bulan Februari akan turun 52.000 menjadi 3,4 juta dengan rata-rata empat pekan turun 359.000.

Pasar diperkirakan akan merespon keputusan parlemen Yunani yang penyetujui debt swap dengan kreditur swasta. Hal ini membuka jalan untuk mengamankan paket bailout senilai 130 miliar euro. Demikian mengutip cnbc.com.

Dengan kesepakatan tersebut, kreditur swasta hanya memengang 53,3 persen dari nilai nominal kepemilikan obligasi Yunani. Dengan demikian, beban utang Yunani berkurang hingga 107 miliar euro.

Hasil ini, pasar juga menunggu laporan pertumbuhan ekonomi atau GDP dari Jerman dan Inggris. Data ini merupakan arah untuk prospek ekonomi ke depan. Italia akan melelang obligasi senilai 3 miliar euro untuk jangka waktu 2012.

Bursa Eropa hingga perdagangan Kamis kemarin masih mengalami konsolidasi yang sudah terjadi 3 hari sebelumnya. Hal ini setelah peringatan Komisi Eropa tentang perkiraan ekonomi kawasan itu akan terkontraksi 0,3% di tahun ini.

Di pasar asia, bursa menguat seperti indeks Nikkei naik 0,5%, indeks Shanghai naik 0,7% dan indeks ASX naik 0,4% serta indeks Hang Seng naik tipis 0,07 poin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar