Sabtu, 14 Mei 2011

PBRX berhasil menghemat sebesar Rp 65 miliar

JAKARTA. Pemakaian dana rights issue PT Pan Brothers Tbk (PBRX) berkurang lantaran selisih kurs saat mengakuisisi PT Hollit International. Pemakaian dana PBRX menjadi Rp 32,93 miliar atau 7,61% dari total dana rights issue untuk akusisi tersebut.

Awalnya, PBRX menyiapkan dana sebesar Rp 41,69 miliar atau 9,63% dari perolehan dana Penawaran Umum Terbatas 2 (PUT 2). "Namun, karena saat akuisisi rupiah menguat di kisaran Rp 9.000, kami bisa berhemat," ujar Wakil Direktur Utama PBRX Anne Patricia Sutanto, Jumat, (13/5).

PBRX juga berhasil menghemat penggunaan dana tersebut untuk investasi. Dari yang semula direncanakan Rp 100,35 miliar akhirnya turun menjadi Rp 80,350 miliar. Selain itu, modal kerja perseroan yang sebelumnya direncanakan Rp 71,68 miliar juga berhasil ditekan. Alhasil, total efisiensi dana PUT 2 mencapai Rp 65 miliar.

PBRX berencana menggunakan dana rights issue tersebut untuk pengembangan organis maupun non organik untuk memperkuat posisis perseroan. Pengembangan itu bisa dengan tiga cara. Pertama, melakukan penyertaan dan atau pengambilalihan saham baik langsung maupun tidak lalngsung di perusahaan dalam atau luar negeri. Kedua, menambah kapasitas produksi di induk maupun anak perusahaan.

Ketiga, mendirikan perusahaan baru baik di dalam maupun luar negeri. "Opsi tersebut sudah disetujui pemegang saham. Nantinya PBRX bisa melakukan salah satu dari opsi itu. Fleksibel," ungkap Anne.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar