Jumat, 14 Oktober 2011

Hore! Euro Naik terhadap Dolar dan Yen

Hore! Euro Naik terhadap Dolar dan Yen
INILAH.COM, London - Kurs euro menguat terhadap dolar dan yen menjelang pertemuan menteri keuangan kelompok G20 untuk membahas solusi krisis utang Eropa.

Mata uang bersama kawasan Eropa ini untuk pertama kalinya dalam lima hari di bulan ini mengalami penguatan. Pemicunya setelah China dan Brazil mempertimbangkan untuk meningkatkan pinjaman di IMF.

Kurs euro naik 0,2% menjadi US$1,3806 pada Jumat pagi di London. Sementara terhadap yen naik 0,3% menjadi 106,27 yen. Dolar AS naik 0,1% terhadap yen menjadi 76,98 yen, seperti dikutip dari bloomberg.com.

Euro sebelumya tertekan setelah rating kredit Spanyol dipangkas lembaga rating Standard & Poor. Dolar Singapura naik setelah bank sentral negara kota ini melonggarkan kebijakan moneter. Sementara dolar Selandia Baru dan Australia mengalami keuntungan.

"Pasar khawatir dengan kondisi fiskal negara-negara Uni Eropa sehingga IMF mengintervensi pasar uang dan membantu Eropa meningkatkan kepercayaan diri. Setiap pengumuman soal pembahasan krisis Eropa maka akan berdampak positif bagi euro," kata Grant Turley, analis valas di Australia & New Zealand Bangking Group Ltd di Sydney.

Bulan ini, kelompok G20 akan membahas perluasan fasilitas dari IMF sebagai kesepakatan kelompok ini dalam membantu mengatasi krisis Uni Eropa. Pembicaraan pada bulan September kemarin masih dalam tahap awal dan akan dimatangkan pada pertemuan puncak 23 Oktober mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar