Jumat, 14 Oktober 2011

Euro keok atas dollar, harga kontrak emas diprediksi akan melorot

Euro keok atas dollar, harga kontrak emas diprediksi akan melorot
SINGAPURA. Harga kontrak emas diprediksi masih akan terus melanjutkan penurunan kemarin pada transaksi hari ini. Pagi tadi, harga kontrak emas untuk pengantaran cepat terpangkas 0,4% menjadi US$ 1.661,48 per troy ounce. Pada pukul 12.45 waktu Singapura, kontrak yang sama berada di posisi US$ 1.66,39. Kendati demikian, sepanjang pekan ini harga kontrak emas naik 1,7%.

Sementara itu, harga kontrak emas untuk pengantaran Desember turun 0,4% menjadi US$ 1.662,50 per troy ounce, sebelum akhirnya ditransaksikan tak banyak perubahan di posisi US$ 1.666,70 per troy ounce di Comex New York.

Penurunan harga emas terjadi setelah Standard & Poor's menurunkan rating utang Spanyol. Hal itu membuat pergerakan euro terhadap dollar kian melemah. Ujung-ujungnya, emas yang ditawarkan dalam mata uang dollar AS menjadi kurang menarik di mata investor.

"Penguatan dollar AS dan tingginya permintaan obligasi pemerintah AS berjangkawaktu 30 tahun menekan pergerakan harga emas. Apalagi, saat ini investor lebih fokus pada aset-aset save haven," papar James Steel, analis HSBC Securities USA Inc. Dia menambahkan, harga emas ditransaksikan sejalan dengan aset-aset berisiko seperti saham yang pergerakannya sedikit mengalami guncangan belakangan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar