Jumat, 14 Oktober 2011

Sentimen China & Spanyol Picu Saham Eropa Flat

Medium
INILAH.COM, Kondon - Saham Eropa diperkirakan akan dibuka flat pada Jumat (14/10), dengan data perdagangan China yang melemah dan penurunan peringkat kredit Spanyol oleh S&P pada Jumat yang akan mempengaruhi sentimen investor di Eropa.

Mengutip CNBC, indeks FTSE diperkirakan akan dibuka naik 4 poin, indeks DAX di Frankfurt naik 14 poin dan indeks CAC 40 Perancis naik 13 poin. Saham Eropa berakhir turun pada hari Kamis.

Di Asia pada hari Jumat, mengikuti penurunan saham di London dan New York akibat data harga produsen China untuk Juli berada di bawah ekspektasi pasar.

Bank UBS Swiss mencatatkan berita buruk pada Kamis akibat Fitch menurunkan peringkat kredit dari A+ ke A dan tujuh bank AS lainnya dan bank Eropa ditempatkan pada outlook negatif.

Kepala Bank Sentral Eropa Jean Claude Trichet mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Financial Times bahwa bank telah melakukan semua yang bisa untuk mendukung pasar selama krisis utang dan tanggung jawab pemerintah sekarang untuk zona euro untuk menekan maju dengan langkah-langkah penghematan untuk mengurangi defisit. FT juga melaporkan bahwa Brasil, Rusia, India dan China dalam pembicaraan untuk mendesak Dana Moneter Internasional intuk menambah pendanaannya menjelang pertemuan puncak G20 bulan depan.

Surat kabar itu menulis bahwa negara-negara BRIC menemukan cara bagi negara-negara berkembang untuk meningkatkan peran mereka dalam mencari resolusi untuk krisis utang zona euro.

Menteri keuangan G20 akan bertemu di Paris pada Jumat dan Sabtu untuk menyelesaikan agenda reformasi ekonomi mereka sebelum pertemuan puncak para pemimpin dan kepala negara bulan depan, sedangkan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy akan mengadakan pertemuan dengan Kepala Komisi Eropa Jose Manuel Barroso.

Pemerintahan Silvio Berlusconi akan berharap untuk mempertahankan hidup mosi tidak percaya di parlemen pada hari Jumat bahwa Italia berpotensi dapat menyebabkan runtuhnya pemerintah. Di Yunani, pemogokan transportasi dua hari terus hingga Jumat, sebelum awal pendudukan dari Bursa Efek London yang akan dimulai pada Sabtu dan akan melihat para demonstran mendirikan sebuah kamp di luar kantor pusat London Stock Exchange di Kota London.

Data ekonomi yang akan keluar pada Jumat termasuk perdagangan luar negeri Uni Eropa dan angka IHK pada bulan Agustus pukul 10.00 waktu London.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar