Kamis, 17 November 2011

Harga minyak turun gunung dari level tertinggi lima bulan

SYDNEY. Harga kontrak minyak dunia melorot dari posisi tertinggi dalam lima bulan terakhir di New York Mercantile Exchange. Pagi tadi, harga kontrak minyak untuk pengantaran Desember turun 1% atau 97 sen menjadi US$ 101,62 per barel. Pada pukul 10.11 waktu Sydney, kontrak yang sama berada di posisi US$ 101,74 per barel.

Asal tahu saja, kemarin, harga kontrak minyak melonjak 3,2% menjadi US$ 102,59 per barel. Ini merupakan kenaikan tertinggi sejak 31 Mei lalu. Selain itu, kenaikan harga minyak di atas level US$ 100 per barel juga merupakan kali pertama sejak 26 Juli lalu.

Kenaikan harga kontrak minyak di atas level US$ 100 per barel terjadi setelah Enbridge Inc mengungkapkan bahwa perusahaan akan membalikkan arah pipa Seaway, untuk membuka saluran minyak dari AS dan Kanada.

Langkah strategis tersebut dilakukan Enbridge setelah ConocoPhillips mengumumkan akan menjual saham dari pipa minyak yang menghubungkan antara Cushing, Oklahoma , dan kawasan Teluk. Membalikkan arah aliran minyak dapat mengurangi kemacetan di pusat penyimpanan Cushing yang sudah menyebabkan penurunan harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI), yang menjadi acuan di New York, dibanding jenis minyak lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar