Jumat, 11 November 2011

Lucas Papademos Ditunjuk Sebagai PM Baru Yunani

Headline
INILAH.COM, Jakarta - Mantan Wakil Presiden Bank Sentral Eropa Lucas Papademos ditunjuk sebagai Perdana Menteri Yunani yang baru di tengah krisis ekonomi yang melanda negara itu.

Lucas Papademos, yang berusia 64 tahun, dipilih setelah perundingan selama beberapa hari antara tiga partai utama dengan presiden Yunani. "Presiden, berdasarkan rekomendasi dari para pemimpin politik yang menghadiri pertemuan sudah menginstruksikan Papademos untuk membentuk pemerintahan baru," tulis pernyataan kantor kepresidenan Yunani mengutip Reuters.

Pemilihan mantan pejabat keuangan sebagai perdana menteri diharapkan bisa memberikan stabilitas politik untuk mengatasi krisis utang dihadapi Yunani. Dia akan memimpin pemerintahan nasional sementara yang dibentuk untuk menjamin pencairan bantuan keuangan internasional yang sudah disahkan serta mendapat bantuan tambahan sebesar US$177 miliar dari negara pengguna mata uang euro dan Dana Moneter Internasional (IMF).

Usai penunjukkannya, Papademos mengatakan bahwa tugas-tugas yang dihadapinya tidak mudah. "Namun saya yakin masalahnya akan bisa dipecahkan dengan cara yang lebih cepat dan lebih efisien jika ada persatuan dan konsensus," tambahnya.

Pemerintah sementara yang baru ini akan diambil sumpah Jumat 11 November siang waktu setempat dan Papademos akan menghadapi parlemen Senin pekan depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar