Jumat, 11 November 2011

Transaksi pagi, bursa Asia melenggang ke zona hijau

Transaksi pagi, bursa Asia melenggang ke zona hijau
TOKYO. Sebagian besar indeks acuan utama Asoa melesat pagi ini. Misalnya saja, indeks Nikkei 225 Stock Average naik 0,1%. Lalu, indeks S&P/ASX 200 Australia naik 0,2%. dan indeks Kospi Korea Selatan naik 0,8%.

Alhasil, indeks MSCI Asia Pacific juga mencatatkan kenaikan. Pada pukul 09.36 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 0,1% menjadi 116,06. Dalam setiap saham yang naik, sebanding dengan jumlah saham yang turun. Jika dihitung, bursa Asia sudah turun 3,5% pada pekan ini.

Sejumlah saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa Asia antara lain: LG Electronics Inc yang naik 1,8% di Seoul, Hynix Semiconductor Inc naik 2,8% di Seoul, dan Rio Tinto Group turun 0,9% di Sydney.

Pergerakan bursa Asia pagi ini terdongkrak oleh data positif AS. Seperti yang diketahui, tingkat pengajuan klaim pengangguran AS turun ke level terendah dalam tujuh bulan. Selain itu, sentimen lainnya adalah pemilihan perdana menteri baru di Yunani yang menurunkan kecemasan investor mengenai krisis utang Eropa. Dua hal tersebut berhasil mendongkrak permintaan aset-aset berisiko.

"Sangat jelas, isu utama masih menyangkut Eropa. Dibelakangnya ada perekonomian AS yang mulai pulih dengan peningkatan data ekonomi. Namun, risiko isu ini masih sangat tinggi," papar Stan Shamu, strategist IG Markets di Melbourne.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar