Jumat, 11 November 2011

Isu Italia & Yunani Reda, Bursa Eropa Positif

INILAH.COM, London - Bursa saham Eropa dibuka menguat pada Jumat (11/11) pagi dengan ekspektasi perkembangan Italia dan Yunani menemukan jalan penghematan untuk mengatasi krisis.

Indeks FTSE naik tipis 0,7% ke 5.487, indeks CAC turun 0,9% ke 3.094 dan indeks DAX 1,2% ke 5.939. Indeks saham blue chip Eropa trun 0,7%, demikian dikutip dari yahoofinance.com.

Italia juga mengupayakan untuk membentuk pemerintahan baru. Mantan Komisioner Eropa, matio Monti disebut-sebut akan memimpin pemerintahan sementara menggantikan Silvio Berlusconi.

Hari ini senat Italia akan menentukan sikapnya terhadap langkah-langkah penghematan. Sebelum dilakukan voting akan dilakukan perdepatan dan masukan sejak Jumat pagi.

"Sebuah lelang obligasi Italia sukses dan kemajuan di bidang politik telah membantu sentimen bursa," kata Keith Bowman, analis di Hargreaves Lansdown.

Data AS telah mendukung penguatan bursa karena pemulihan ekonomi mulai menuai hasil. Data klaim pengangguran di AS turun ke level terendah selama tujuh bulan terakhir. Stok bahan bakar AS pekan lalu turun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar