Jumat, 11 November 2011

Harga kontrak emas naik untuk kali pertama dalam empat hari

Harga kontrak emas naik untuk kali pertama dalam empat hari
SINGAPURA. Harga kontrak emas mencatatkan kenaikan untuk pertama kali dalam empat hari terakhir. Pagi tadi, harga kontrak emas untuk pengantaran cepat naik 0,6% menjadi US$ 1.769,08 per troy ounce di Comex, New York. Pada pukul 13.14 waktu Singapura, kontrak yang sama berada di posisi US$ 1.767,35 per troy ounce.

Pada transaksi sebelumnya, harga kontrak emas sempat turun 0,8% menjadi US$ 1.744,43 per troy ounce. Sementara, harga kontrak emas untuk pengantaran Desember naik 0,5% menjadi US$ 1.767,90 per troy ounce.

Lonjakan harga emas hari ini dipicu oleh aksi investor yang meningkatkan kepemilikannya atas produk derivatif berbasis emas mendekati rekor tertinggi. Data yang dihimpun Bloomberg menunjukkan, kepemilikan pada produk derivatif berbasis emas naik 27,5 metrik ton pada pekan ini menjadi 2.312,149 ton. Angka tersebut hanya selisih 1% mendekati level rekor yang tercipta pada bulan lalu.

Sejumlah analis dan trader merekomendasikan bullish untuk kontrak harga emas. Pasalnya, tingkat percepatan investor dalam mengakumulasikan produk derivatif emas ini merupakan yang tercepat sejak Agustus lalu. Aksi beli investor ini terdorong oleh krisis utang Eropa yang belum menemukan titik akhir.

"Masalah yang membelenggu zona Eropa tidak dapat diselesaikan dalam seminggu atau sebulan ke depan. Ini akan menjadi masalah tahunan dan emas akan kembali dilirik sebagai aset asuransi bagi para investor," papar Gavin Wendt, founder and senior resource analyst Mine Life Pty di Sydney. Dia memprediksi, harga kontrak emas akan naik menembus level US$ 2.000 per troy ounce di 2012.

Catatan saja, di sepanjang tahun ini, harga emas sudah naik 24%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar