Jumat, 11 November 2011

Harga emas mencatatkan penurunan terbesar dalam tiga pekan

Harga emas mencatatkan penurunan terbesar dalam tiga pekan
NEW YORK. Harga kontrak emas kemarin malam mencatatkan penurunan terbesar dalam tiga pekan terakhir. Pada pukul 13.48 waktu New York, harga kontrak emas untuk pengantaran Desember turun 1,8% menjadi US$ 1.759,60 per troy ounce di Comex, New York. Ini merupakan penurunan terbesar sejak 20 Oktober lalu. Dengan demikian, harga emas sudah melorot 8,5% dari posisi rekor dan menanjak 24% di sepanjang tahun ini.

Sebelumnya, harga kontrak emas sempat menyentuh posisi US$ 1.736,60 per troy ounce, level terendah dalam seminggu terakhir. Pada 8 November lalu, harga kontrak emas sempat menanjak ke posisi US$ 1.804,40 per troy ounce, yang merupakan posisi tertinggi sejak 21 September lalu.

Penurunan harga emas terjadi setelah permintaan emas menurun. Beberapa penyebabnya, tingkat yield obligasi Italia turun dan Yunani sudah menunjuk pemimpin barunya. Kondisi itu menyebabkan kecemasan akan krisis utang Eropa mulai mereda.

"Setidaknya, untuk saat ini, kecemasan sudah mulai mereda," ujar Sterling Smith, analis Country Hedging Inc di Minnesota.

Scott Gardner, chief investment officer Verdmont Capital SA di Panama menambahkan, "Penurunan harga emas kemungkinan disebabkan oleh rumors bahwa sejumlah negara Eropa akan menekan cadangan emasnya untuk mempertahankan kesatuan di kawasan tersebut."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar