Jumat, 11 November 2011

Wall Street Rebound Berkat Kabar Positif Korporasi

New York - Saham-saham di bursa Wall Street berhasil menguat setelah sebelumnya mengalami kejatuhan yang dalam. Berita korporasi dan ekonomi yang positif berhasil menepis kekhawatiran krisis Eropa yang semakin dalam.

Meski menguat, namun perdagangan berjalan sangat bergejolak dalam volume yang tipis sehingga menandakan investor masih terus waspada mencermati perkembangan krisis Eropa.

Sentimen positif dari korporasi datang dari Merck yang membagikan dividen dan Cisco yang melaporkan pendapatan melebihi target. Hal itu menandakan korporasi AS tetap tumbuh kuat meski ada masalah krisis di Eropa.

"Pasar domestik kami solid dan menunjukkan tanda-tanda perbaikan, namun kami tidak cukup kuat untuk mengabaikan apa yang terjadi di Eropa," ujar Randy Frederick, direktur perdagangan dan derivatif Charles Schwab seperti dikutip dari Reuters, Jumat (11/11/2011).

Pada perdagangan Kamis (10/11/2011), indeks Dow Jones industrial average ditutup menguat 112,85 poin (0,96%) ke level 11.893,79. Indeks Standard & Poor's 500 juga menguat 10,60 poin (0,86%) ke level 1.239,70 dan Nasdaq menguat 3,50 poin (0,13%) ke level 2.625,15.

"Hinga kami melihat rencana yang dapat berjalan untuk menstabilkan Eropa, kita akan tergantung pada apa yang akan terjadi disana. Saya tidak melihat ini akan pergi dengan secepatnya," tambah Frederick.

Perkembangan dari krisis Eropa, terjadi kenaikan suku bunga untuk pinjaman 1 tahun di Italia, namun tidak sebesar yang dikhawatirkan investor. Sementara tingkat imbal hasil surat berharga Prancis juga meningkat karena kekhawatiran penurunan peringkat.

Namun kemudian Standard & Poor's meralat adanya kesalahan teknis saat distribusi pesan seputar penurunan peringkat utang Prancis. S&P mengatakan, hal itu bukan kasus dan memulai investigasi masalah.

Saham Merck & Co Inc naik hingga 3,5% menjadi US$ 34,97 setelah produsen obat itu menaikkan dividen kuartalan hingga 11%, pertama kali sejak tahun 2004. Hal itu langsung mengangkat indeks kesehatan S&P hingga 1,4%.

Sementara saham Cisco System melonjak hingga 5,7% menjadi US$ 18,61 dan menjadi pencetak kenaikan terbesar setelah laporan keuangannya melebihi perkiraan dan proyeksi pendapatan serta labanya juga di atas ekspektasi.

Perdagangan tidak terlalu ramai dengan transaksi di New York Stock Exchange mencapai 7,3 miliar lembar saham, di bawah rata-rata harian yang sebesar 8,47 miliar lembar saham.

(qom/qom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar