Selasa, 06 Desember 2011

Berkorelasi positif dengan pasar saham, harga kontrak emas melandai

Berkorelasi positif dengan pasar saham, harga kontrak emas melandai
SINGAPURA. Harga kontrak emas siang ini mengalami penurunan. Asal tahu saja, pada pukul 11.32 waktu Jakarta, harga kontrak minyak untuk pengantaran Desember melorot 18,80 poin menjadi US$ 1.711,90 per troy ounce. Sementara, harga kontrak minyak untuk pengantaran Febuari turun 18,60 poin menjadi US$ 1.715,90 per troy ounce.

Disinyalir, penurunan harga kontrak emas ini terkait dengan pernyataan Standard & Poor's yang mengancam untuk menurunkan peringkat rating 15 negara Eropa, termasuk di dalamnya Jerman dan Prancis. Pernyataan tersebut menyebabkan pasar saham dan komoditas global melorot pagi ini. Termasuk di dalamnya harga emas.

"Dalam jangka pendek, harga emas sepertinya akan berkorelasi negatif dengan dollar AS dan korelasi positif dengan pasar saham seperti yang kita lihat sekarang," jelas Wang Yonghong, analis Guotai Junan Futures Co.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, S&P bilang, Jerman dan Prancis kemungkinan akan kehilangan peringkat utang AAA miliknya. Sebab, krisis utang yang melanda Benua Biru memaksa S&P me-review kembali peringkat utang 15 negara Euro dengan kemungkinan penurunan peringkat.

Enam negara Eropa dengan rating AAA merupakan beberapa negara yang peringkat utangnya akan diberikan outlook negatif. Selain itu, peringkat utang mereka akan diturunkan tergantung dari hasil pertemuan Uni Eropa pada 9 Desember mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar