Jumat, 16 Desember 2011

Sehatkan Pasar, Bapepam Siap Reformasi Aturan

INILAH.COM, Jakarta - Bapepam-LK menyiapkan sejumlah langkah untuk meningkatkan iklim investasi terkait dengan masuknya Indonesia ke investment grade.

"Sebagai antisipasi kalau memang lebih banyak minat asing ke indonesia, kita mempersiapkan diri dengan segala hal-hal yang mengantisipasi itu, termasuk bagaimana iklim investasi di tingkatkan, supaya memang hal positif itu bisa direalisasikan," jelas Ketua Bapepam-LK, Nurhaida di kantornya, Jumat (16/12).

Salah satu langkah memperbaiki iklim investasi adalah dengan mereformasi tentang aturan yang ada agar market lebih efisien dan bisa lebih dipercaya investor. "Salah satu reformasi regulasi misalnya perusahaan efek kita buat terkait MKBD supaya perusahaan efek itu menjadi perusahaan yang lebih sehat," tuturnya.

Selain itu, Bapepam-LK menyiapkan sejumlah aturan yang lebih market friendly, tapi tidak mengorbankan keamanan pasar di 2012. "Ke depan juga ada aturan tentang penjatahan juga akan di keluarkan pada 2012 terkait dengan emitennya," ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, terkait dengan transaksi juga akan diharapkan tahun depan entah awal tahun atau kapan STP juga sudah jalan. Itu akan meningkatkan efisiensi, lalu membuat investmenting manajemennya berkurang bahkan tidak ada.

Harapannya dapat mengurangi manipulasi dan dengan adanya STP dapat membuat transaksi bisa mengharapkan lebih aman serta lebih aman. Tak hanya itu, IPF (investor protection fund) diharapkan tahun depan sudah selesai. [hid]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar