Jumat, 16 Desember 2011

Data positif ekonomi AS mengangkat Wall Street

Data positif ekonomi AS mengangkat Wall Street
NEW YORK. Mayoritas saham yang ditransaksikan di bursa AS ditutup melaju kemarin malam. Pada pukul 16.00 waktu New York, indeks Standard & Poor's 500 naik 0,3% menjadi 1.215,75. Sedangkan indeks Dow Jones Industrial Average naik 0,4% menjadi 11.868,81.

Sektor barang, barang kesehatan, dan consumer goods berhasil mencatatkan kenaikan tertinggi dari sepuluh sektor lain dalam indeks S&P 500, dengan kenaikan setidaknya 0,9%. Sementara, saham-saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa AS antara lain: FedEx Corp naik 8% dan Novellus Systems Inc melonjak 16%.

Aksi beli yang melanda bursa AS dipicu oleh data ekonomi yang positif. Seperti yang diketahui, data klaim pengangguran dan manufaktur Negeri Paman Sam memberikan sinyal kekuatan ekonomi. Kendati begitu, hal tersebut masih dibayang-bayangi krisis utang Eropa.

"Data ekonomi di AS yang positif sangat mengejutkan dan berhasil memebrikan keseimbangan atas berita ketidakpastian di Eropa. Saat ini kita sedang fokus terhadap ekonomi domestik yang sepertinya sudah kembali ke jalan yang benar," jelas Eric Teal, chief investment officer First Citizens Bancshares Inc.

Catatan saja, dalam tiga gari pertama pekan ini, indeks S&P 500 sudah turun 3,5%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar