Jumat, 16 Desember 2011

Setelah tiga hari melempem, bursa Jepang mulai bersemangat hari ini

Setelah tiga hari melempem, bursa Jepang mulai bersemangat hari ini
TOKYO. Sebagian besar saham yang ditransaksikan di bursa Jepang berhasil naik pagi ini. Padahal, dalam tiga hari terakhir, bursa Jepang ditransaksikan menurun. Pada pukul 09.20 waktu Tokyo, indeks Nikkei 225 Stock Average naik 0,6% menjadi 8.429,73. Dengan demikian, di sepanjang pekan ini, penurunan bursa Jepang mencapai 1,2%. Sementara itu, indeks Topix naik 0,3% menjadi 727,44.

Sejumlah saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa Jepang antara lain: Sony Corp yang naik 1,1%, Fanuc Corp yang naik 1,2%, dan Maruzen CHI Holdings Co turun 5,8%.

Kenaikan bursa Jepang pagi ini dipengaruhi oleh data positif klaim pengangguran dan manufaktur AS yang melampaui ekspektasi. Hal itu berhasil meredakan kecemasan akan krisis utang Eropa yang dapat menyeret perekonomian global ke jurang resesi.

"Perekonomian AS mengakhiri tahun ini dengan cukup baik dari ekspektasi pelaku pasar. Hal itu sangat baik, tapi tidak halnya dengan kondisi di Eropa. Perekonomian Eropa akan jatuh ke jurang resesi tahun depan dan saya rasa hal itu masih akan memberatkan pasar," jelas Stephen Halmarick, head of investment markets research Colonial First State Global Asset Management.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar