Kamis, 19 Januari 2012

Tolak Bantu IMF, AS: Eropa Bisa Selesaikan Sendiri Krisisnya

Gb
Washington - Amerika Serikat (AS) secara terang-terangan menolak ambil bagian dari rencana IMF menambah dana talangan untuk membantu krisis Eropa. AS menyebut Eropa punya kapasitas untuk mengatasi krisisnya sendiri.

"Kami tetap percaya IMF dapat memainkan peranan penting di Eropa, tapi hany sebagai suplemen dari upaya Eropa sendiri," ujar juru bicara Departemen Keuangan AS, Kara Alaimo seperti dikutip dari AFP, Kamis (19/1/2012).

IMF mencari tambahan dana hingga US$ 500 miliar untuk melindungi Eropa dari krisis yang semakin dalam. Namun AS meyakini, Eropa memiliki kapasitas penuh untuk mengatasi krisis itu.

"Eropa memiliki kapasitas untuk memecahkan masalahnya. IMF tidak dapat menggantikan dinding penjagaan kawasan Eropa yang kuat," jelasnya.

"Kami telah mengatakan kepada partner internasional bahwa kami tidak punya keinginan untuk memberikan tambahan sumber-sumber (pendanaan) untuk IMF," tambahnya lagi.

Pernyataan tersebut keluar beberapa saat setelah IMF mengumumkan rencananya menambah pendanaan seiring meningkatnya krisis utang Eropa yang dikhawatirkan bisa mengancam perekonomian glonal.

"Berdasarkan perkiraan kami potensi pembiayaan global membutuhkan sekitar US$ 1 triliun dalam beberapa tahun kedepan, IMF ingin menambahnya menjadi US$ 500 miliar sebagai tambahan sumber pembiayaan," jelas IMF dalam pernyataannya.

Jumlah itu termasuk dari komitmen negara-negara Eropa yang berkontribusi sekitar US$ 200 miliar.

(qom/qom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar