Rabu, 01 Februari 2012

IHSG Menanjak, Empat Saham Dijagokan

INILAH.COM, Jakarta – Laju IHSG, Rabu (1/2) diprediksi menguat. Komitmen Yunani tuntaskan negosiasi utang pekan ini jadi salah satu katalisnya. Empat saham dapat rekomendasi layak trading.

Pada perdagangan Selasa (31/1), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG ) ditutup menguat 26,53 poin (0,68%) ke level 3.941,693 dengan intraday tertinggi 3.941,6693 dan terendah 3.902,155. Begitu juga dengan indeks saham unggulan LQ45 yang naik 5,19 poin (0,76%) ke level 692,157.

Analis Sinarmas Securities, Jansen Kustianto memperkirakan, indeks saham domestik bakal menguat pada perdagangan Rabu (1/2). “Secara teknikal indeks diperkirakan akan bergerak menguat dengan kisaran support 3.915dan resistance 3.968,” katanya kepada INILAH.COM, di Jakarta, Rabu (31/1) petang.

Potensi penguatan indeks hari ini, salah satunya mendapat dukungan dari antisipasi pasar atas hasil dari proses negosiasi restrukturisasi utang Yunanidengan para kreditor swasta. Perdana Menteri Yunani Lucas Papademos sudah menyatakan, kesepakatan negosiasi utang itu akan final pekan ini.

Sejauh ini, meski para kreditor swasta sudah menyetujui debt swap (penukaran obligasi lama dengan obligasi baru) yang nilainya dipangkas (hair cut) 50%, mereka belum setuju soal yield obligasi sebesar 3,5% seperti yang dinginkan Athena dan petinggi Uni Eropa. “Meskipun, tujuan UE agar Yunani bisa mengurangi rasio utangnya ke level 120% hingga 2020,” ucapnya. “Para kreditor ingin yield 4%.”

Di sisi lain, indeks juga mendapat sentiment positif dari kesepakatan pakta fiskal dari hasil pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT)Uni Eropa. “Setidaknya, ini bisa meredakan kekhawatiran Bank Sentral Eropa (ECB) terhadap disiplin fiskal di Eropa. Hanya Inggris dan Republik Ceko yang tidak menyetujui pakta fiskal tersebut," ujarnya.

Pada saat yang sama, pasar mengantisipasi positif atas pengumuman inflasi Indonesia yang akan dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) hari ini. Inflasi menurut Jansen, dapat memberikan sentimen terhadap indeks.

Di atas semua itu, saham-saham yang dapat diperhatikan untuk day tradinghari ini menurut dia adalah PT Astra Internasional (ASII), PT Jasa Marga (JSMR), PT AKR Corporindo (AKRA), dan PT Indo Tambang Raya (ITMG). “Saya rekomendasikan trading buy untuk keempat saham tersebut,” imbuh Jansen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar