Rabu, 01 Februari 2012

Bursa Asia menguat terpicu angin segar dari Eropa

TOKYO. Sentimen positif dari Eropa menjadi angin segar bagi pergerakan bursa di kawasan Asia, hari ini (1/2). Mayoritas bursa regional menguat karena tersokong optimisme kemajuan dalam kesepakatan utang Yunani.

Indeks MSCI Asia Pacific bergulir tipis ke posisi 122,89 pada pukul 09.45 di Tokyo. Setiap tiga saham naik, berbanding setiap dua saham yang jatuh. Sementara itu, indeks Nikkei 225 naik tipis 0,04%, dan indeks Kospi menguat 0,22%,. Namun, indeks S&P/ASX 200 masih melemah 0,36%.

Perdana Menteri Yunani Lucas Papademos menegaskan, kesepakatan restrukturisasi utang akan difinalkan pada pekan ini. Selain itu, Uni Eropa berhasil mencapai kesekapatan pakta fiskal di antara 25 negara UE. Hal ini meredakan kekhawatiran pasar dan ECB terhadap disiplin fiskal di kawasan tersebut.

Faktor dari Eropa ini pun berhasil menutupi sentimen negatif berupa proyeksi pendapatan dari perusahaan-perusahaan seperti Honda Motor Corp. dan Mitsui OSK Lines Ltd. yang diperkirakan lebih rendah.

Andrew Pease, kepala analis Russell Investment Group untuk Asia Pasifik menuturkan, saat ini, mencari arah pergerakan selanjutnya di pasar merupakan hal yang cukup menantang. "Prospek ekonomi AS tidak begitu besar, dan kinerja laba akan lesu di tahun ini," ujarnya, di Sydney.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar