Rabu, 01 Februari 2012

Inilah Daftar Pemegang Surat Utang AS Terbesar

Headline
INILAH.COM, Jakarta - Akibat belanja sangat besar pemerintah AS yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk memperbaiki perekonomian, ada kebutuhan yang sama besar untuk mengumpulkan uang guna membayarnya.

Hal ini dilakukan melalui pinjaman, di mana negeri Paman Sam ini menjual surat utang dalam bentuk yang bervariasi. Untuk investor, tagihan pemerintah berupa notes dan bond dianggap aman karena mereka memiliki tingkat yang dijamin kembali, berdasarkan keyakinan dalam pendapatan pajak AS di masa mendatang.

Pemerintah memiliki sebagian dana operasi melalui obligasi selama beberapa dekade. Pinjaman ini menambah utang nasional, yang baru-baru ini telah melampaui US$15 triliun dan meningkat setiap detik. Jumlah utang cepat mendekati batas atas utang federal, batas hukum pinjaman yang saat ini di kisaran US$16,4 triliun.

Banyak surat utang yang dipegang oleh sektor swasta, tetapi sekitar 40% dipegang oleh entitas publik, termasuk bagian-bagian dari pemerintah.

Adapun negara-negara asing yang terdaftar dalam investor swasta dan publik, menurut data bulanan Kementerian Keuangan AS berdasarkan hasil survei CNBC adalah:

1. Swiss AS yang memegang surat utang AS sebesar US$113,9 miliar
Kepemilikan Swiss atas surat utang AS mencapai tertinggi di US$147,5 miliar atau sekitar 28% PDB negara pada Agustus 2011, tapi telah turun dalam beberapa bulan menjadi US$113,9 miliar. Kepemilikan Swiss atas surat utang AS ini pun telah mengalahkan Hong Kong, Rusia dan Kanada dalam beberapa tahun terakhir.

2. Taiwan yang memiliki surat utang AS sebesar US$149,6 miliar
Kepemilikan Taiwan atas surat utang AS relatif stabil selama setahun terakhir, tapi dalam dua tahun terakhir ini mengalahkan Rusia dan Hong Kong dalam total kepemilikan. Sampai saat ini, Taiwan memegang US$149,6 miliar di Treasury securities AS, dibandingkan dengan Rusia US$89,7 miliar. Kepemilikan Rusia telah dengan cepat menyusut akibat diversifikasi negara ini.

3. Caribbean Banking Centers yang memiliki surat utang AS sebesar US$185,3 miliar
Treasury AS mengidentifikasi grup ini sebagai lembaga di Bahama, Bermuda, Kepulauan Cayman, Antillen Belanda, Panama, dan Kepulauan Virgin Britania Raya saat ini memegang US$185,3 miliar surat utang AS, naik dari US$106,6 miliar pada Juni 2008, tetapi tetap dari grup tertinggi dari US$213,6 miliar pada Maret 2009.

4. Brasil yang memiliki surat utang AS sebesar US$206,4 miliar
Raksasa ekonomi di Amerika Selatan ini memiliki surat utang sebesar US$206,4 miliar, menurut data departemen keuangan. Investasi Brasil di surat utang AS telah berfluktuasi sedikit dalam dua tahun, dengan koleksi saat ini di bawah level tertinggi dari $211,4 miliar pada Mei 2011.

5. Oil Exporters yang memiliki surat utang AS sebesar US$232 miliar
Industri minyak besar berarti uang besar... dan investasi besar ke surat utang AS termasuk dalam kelompok eksportir minyak seperti Ekuador, Venezuela, Indonesia, Bahrain, Iran, Irak, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Aljazair, Gabon, Libya dan Nigeria. Grup ini memegang total US$232 miliar di surat utang AS, di kisaran US$204 miliar hingga US$236 miliar yang telah dipelihara selama tahun yang lalu.

6. Perusahaan asuransi yang memiliki surat utang AS sebesar US$250,1 miliar
Menurut Dewan Gubernur Federal Reserve, perusahaan asuransi memegang US$250,1 miliar di Treasury securities AS. Kelompok ini mencakup perusahaan-perusahaan asuransi properti-kecelakaan dan asuransi jiwa.

7. Depository Institutions yang memiliki surat utang AS sebesar US$284,5 miliar
Dari Juni 2011, Dewan Gubernur Federal Reserve mencatat depository institutions memegang sekitar US$284,5 miliar di surat utang AS. Kelompok ini termasuk bank komersial, bank tabungan dan credit unions. Pada tahun 2011, kepemilikan lebih dari tiga kali lipat dari 2008 sebesar US$105 miliar. Dari Juni dan September 2011, kepemilikan surat utang AS depository institutions turun hampir US$44 miliar.

8. Inggris yang memiliki surat utang AS sebesar US$429,4 miliar
Inggris saat ini memegang 429,4 miliar di surat utang AS, tetapi investasi negara telah meningkat secara dramatis selama dua tahun. Sekarang di semua level tertinggi (dan cepat), Inggris memiliki utang terendah pada Juni 2008 sebesar US$55 miliar.

9. Negara bagian dan pemerintah daerah AS yang memiliki surat utang sebesar US$484,4 miliar
Negara bagian AS dan pemerintah daerah telah hampir memiliki setengah-triliun dolar yang diinvestasikan di surat utang AS, menurut Federal Reserve. Tingkat investasi tetap stabil sejak 2006, bergeser ke kisaran US$484 miliar dan US$576 miliar. Koleksi utang saat ini, mewakili tingkat agregat terendah untuk negara dan pemerintah daerah sejak Desember 2005, ketika mereka memegang US$481,4 miliar.

10. Perusahaan Reksa Dana yang memiliki surat utang AS sebesar US$653,5 miliar
Menurut Federal Reserve, reksa dana memegang jumlah terbesar keenam surat utang AS dibandingkan dengan kelompok lain, meskipun kepemilikan reksa dana telah berkurang sebesar lebih dari US$105 miliar sejak Desember 2008. Termasuk dana pasar uang, reksadana dan reksadana closed-end, kelompok ini menginvestasikan sekitar US$653,5 miliar di Treasury securities AS pada Juni 2011.

11. Dana Pensiun yang memegang surat utang AS sebesar US$842,2 miliar
Dana pensiun yang mengendalikan sejumlah besar uang, disediakan untuk pensiun pribadi, dan dengan demikian berkewajiban untuk melakukan investasi yang relatif aman. Kelompok ini, yang mencakup dana pensiun swasta dan lokal pemerintah, memegang US$842,2 miliar di surat utang AS. Kategori dana pensiun swasta juga termasuk Treasury securities AS yang dipegang oleh Federal Employees Retirement System Thrift Savings Plan G Fund.

12. Jepang yang memegang surat utang AS sebesar US$$1,038 triliun Satu dari mitra dagang AS terbesar, Jepang juga merupakan salah satu pemegang surat utang AS terbesar, yang saat ini memiliki US$1,038 triliun di Treasury Security.

13. Investor Lain/tabungan obligasi yang memegang surat utang AS sebesar US$1,107 triliun
Dengan memegang surat utang terbesar pada Juni 2011, kelompok yang sangat beragam ini termasuk individu, perusahaan-perusahaan yang disponsori pemerintah, broker dan dealer, bank personal trust, perkebunan, tabungan obligasi, perusahaan dan noncorporate businesses memiliki total US$1,107 triliun. Meskipun tingkat utang yang dimiliki savings bonds tetap konstan pada dasarnya sejak tahun 2000, kategori luas investor 'lainnya' telah hampir empat kali lipat sejak mencapai terendah empat tahun pada Desember 2007.

14. China yang memegang surat utang AS sebesar US$1,132 triliun
Asing terbesar pemegang sekuritas treasury AS, China saat ini telah mencapai US$1,132 triliun di surat utang AS, meskipun turun dari US$1,173 triliun pada Juli 2011.

15. Federal Reserve dan Intragovernmental Holdings yang memegang US$6,328 triliun surat utang AS
Pemegang tunggal terbesar dari utang pemerintah AS adalah Federal Reserve system. Sistem Fed bank dan intragovernmental holdings AS lainnya diperhitungkan memegang US$6,328 triliun pada utang Treasury AS paga September 2011. Jumlah ini adalah angka tertingginya akibat Federal Reserve terus meningkatkan neraca, sebagian untuk membeli surat utang pemerintah AS. Sekitar satu dekade yang lalu, kepemilikan pemerintah hanya US$2,5 triliun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar