Rabu, 01 Februari 2012

Sebagian Investor Sulit Lakukan Order Saham

Headline
INILAH.COM, Jakarta - Beberapa investor saham mengalami kesulitan dengan penerapan pembukaan rekening dana nasabah pada perdagangan hari ini. Sebab mereka harus mengalami suspensi account sehingga tidak dapat melakukan transaksi saham.

Dari pengalaman beberapa investor, beberapa rekening di sejumlah sekuritas masih mengalami suspensi. Dengan demikian tidak dapat melakukan transaksi baik order beli maupun jual di sejumlah sekuritas.

"Investor account-nya masih dalam proses tidak bisa order. Ini saya lagi jalan-jalan di mall, karena tidak bisa trading," kata Iwan Firmansyah dari Kumunitas Saham Warungijo kepada INILAH.COM, Rabu (1/2).

Rabu ini, merupakan hari pertama penerapan aturan pemisahan rekening dana nasabah dengan perusahaan efek dari Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK).

Bagi nasabah dan perusahaan efek yang telah menyampaikan aplikasi pembukaan rekening dana nasabah untuk pemisahan rekening dana nasabah dengan perusahaan efek kepada pihak bank pembayar diberikan relaksasi selama 14 hari waktu kerja.

"Dampaknya hanya perdagangan menjadi sepi. Saya kira banyak pihak yang belum siap, sekuritasnya, banknya. Account saya ada yang belum jalan, masih disuspend. Padahal saya sudah urus investor account juga," jelasnya.

Namun beruntung, beberapa saham sudah mencapai target meskipun transaksi masih terganggu. Iwan masih bisa mengambil posisi untuk trading sahamnya hari ini.

Hal yang sama juga dikatakan analis saham, Ahmad Riyadi. Menurutnya, peraturan formulir pembukaan rekening dana jadi menghambat traiding Investor. Investor yang belum mengisi akan terkena suspensi sementara.

"Jadi diperlukan sosislisasi yang intens dan cukup waktu bagi setiap broker untuk menjelaskan maksud dan tujuan rekening dana," katanya.

Menurutnya, rekening pemisahan dana sudah harss dilakukan saat ini. namun semua pihak harus mendukungnya termasuk kecepatan pihak bank pembayar untuk memproses pengajuan dari nasabah.

"Pada kasus yang saya dapati, ketelitian mengisi form dan kecocokan data menjadi hal sangat penting.Karena kalau salah satunya tidak sama akan di-avoid," jelasnya dari Milenium Danatama Securities ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar