Kamis, 28 April 2011

Pasar saham AS bullish, bursa Asia melejit 1,1% pagi ini

Pasar saham AS bullish, bursa Asia melejit 1,1% pagi ini
TOKYO. Pasar saham Asia melaju dan menggiring indeks regional ke level tertinggi hampir dalam dua bulan terakhir. Reli bursa Asia terjadi seiring kebijakan Federal Reserves yang mempertahankan bunga acuan di level rendah untuk menstimulus pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat.

Indeks MSCI Asia Pasifik melesat 1,1% ke 139,27 pada pukul 9,53 pagi waktu Tokyo. Hampir tiga saham menguat berbanding setiap satu saham yang jatuh.

Adapun, indeks Nikkei 225 naik 0,8%, dan indeks Korea Selatan Kospi melaju 0,7%. Sementara, indeks New Zealand NZX 50 reli 0,4% setelah bank sentralnya menahan bunga acuan di level rendah untuk memastikan pemulihan di negara tersebut pasca gempa bumi dahsyat. Indeks Australia S&P/ASX 200 juga menguat 0,5%.

Beberapa saham yang mendukung reli indeks regional, diantaranya Honda Motor Co. yang 45% penjualannya dari Amerika Utara, naik 1,6% di Tokyo. Saham Hyundai Motor Co. melesat 3,9% di Seoul, Sementara Computershare Ltd. melonjak hingga 7,8% di Sydney.

Analis Tokai Tokyo Research Center Toshio Sumitani menyebut, AS akan melanjutkan kebijakan pelonggaran ekonomi seperti yang diekspektasikan pasar. "Pasar saham AS naik didukung kebijakan yang lebih longgar, dan harganya murah. Reli di pasar saham AS positif untuk pasar saham di kawasan lainnya," ujar Sumitani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar