Kamis, 28 April 2011

Lanjutkan Kenaikan, Pilih Saham Bank-CPO

Headline
INILAH.COM, Jakarta – Bursa saham Indonesia Kamis (28/4) diperkirakan terus menguat. Saham dari sektor perkebunan dan perbankan bisa jadi pilihan.

Ryan Aryadi, analis dari Dongsuh Sekuritas mengatakan, IHSG hari ini masih berpeluang melanjutkan penguatan. “Meski volume perdagangan masih netral, tidak tinggi, namun peluang IHSG untuk kembali mencetak level tertinggi baru terbuka,” ujarnya kepada INILAH.COM.

Menurutnya, sentimen positif berasal dari beberapa faktor, salah satunya kinerja emiten kuartal pertama yang bagus, terutama sektor perbankan yang masih bisa membukukan net interest margin positif dan mengejar pertumbuhan kredit.

Selain itu sektor perkebunan CPO juga mulai di-rerating, karena dengan produksi kuartal pertama yang naik dan meningkatnya average selling price (ASP) CPO, harga saham-saham sektor ini masih relatif stagnan.

Sedangkan ekspektasi deflasi April, kembali membuat Bank Indonesia tidak perlu menaikkan suku bunga. Hal ini karena BI punya amunisi lain untuk meredam inflasi, “Yaitu dengan apresiasi rupiah,” katanya.

Bagaimanapun, imbuh Ryan, penguatan IHSG belum sepenuhnya didukung oleh saham-saham berkapitalisasi besar. Sehingga peluang trading bagi investor sifatnya masih jangka pendek dan diwarnai aksi profit taking .

Di tengah situasi ini, ia merekomendasikan beberapa saham. Salah satunya BW Plantation (BWPT). Hal ini karena perusahaan yang solid, dan berencana ekspansi produksi hingga 10 ribu meter/tahun, mayoritas lahannya adalah kebun inti.

Saham CPO lain yang disarankan adalah Astra Agro Lestari (AALI), terutama karena volume penjualan bertumbuh dengan trend harga CPO terus meningkat.

Sedangkan untuk sektor perbankan, pilihannya adalah Bank Mandiri (BMRI). Menurutnya, dengan modal kuat dari hasil right issue dan dan penawaran saham perdana (IPO) Garuda, ekspansi kredit perseroan tidak bermasalah. “Apalagi suku bunga masih rendah tahun ini, “tutupnya.

Pada perdagangan Kamis (28/4), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 30,06 poin (0,8%) ke 3.804,93. Perdagangan di Bursa Efek Indonesia didukung volume transaksi sebesar 5,382 miliar lembar saham senilai Rp 3,768 triliun dan frekuensi 121.463 kali.

Sebanyak 137 saham naik, 81 saham turun, dan 106 saham stagnan. Penguatan bursa didukung aksi beli asing, yang mencatatkan transaksi beli bersih (net foreign buy) sebesar Rp332 miliar. Dimana transaksi beli mencapai Rp1,084 triliun dan transaksi jual sebesar Rp752 miliar. [mdr]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar