Selasa, 26 April 2011

Ringgit diprediksi akan menguat 2,3% menjadi 2,93 per dollar

Ringgit diprediksi akan menguat 2,3% menjadi 2,93 per dollar
KUALA LUMPUR. Ambank Bhd memprediksi, ringgit Malaysia akan terus menguat ke atas level tertinggi dalam 13 tahun. Menurut Ambank, menguatnya ringgit terkait spekulasi kalau bank sentral Negeri Jiran akan menaikkan suku bunga acuan untuk meredakan inflasi.

Dalam hasil riset yang dirilis hari ini, ringgit kemungkinan akan terapresiasi 2,2% menjadi 2,93 per dollar dalam tiga hingga enam bulan ke depan. Analis Ambank Manokaran Mottain beralasan, adanya perbedaan tingkat suku bunga antara negara maju dan Malaysia akan menarik dana asing untuk masuk.

"Kami melihat adanya peningkatan aksi beli ringgit karena kemungkinan kenaikan suku bunga," jelas Mottain. Di sisi lain, dollar juga melemah seiring dengan naiknya level tingkat utang di AS dan aksi the Federal Reserve untuk memompa dana ke dalam sistem perekonomiannya.

Catatan saja, pada pukul 13.13 waktu Kuala Lumpur, ringgit melemah 0,2% menjadi 2,9960 per dollar. Kemarin, ringgit sempat bertengger di posisi 2,9910, yang merupakan level paling perkasa sejak 9 Oktober 1997.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar