Kamis, 21 April 2011

Sinyal positif emiten AS dongkrak bursa Asia ke level tertinggi enam minggu

Sinyal positif emiten AS dongkrak bursa Asia ke level tertinggi enam minggu
TOKYO. Kinerja emiten Amerika Serikat (AS) yang kinclong turut mendongkrak pasar saham Asia. Bursa Asia melaju, dan menggiring indeks regional ke level tertinggi dalam enam minggu. Meningkatnya pendapatan beberapa emiten AS seperti Apple Inc. memberi sinyal berlangsungnya percepatan pemulihan ekonomi.

Indeks MSCI Asia Pasifik naik 0,6% ke 137,74 pada pukul 9.37 waktu Tokyo. Ini level penutupan tertingginya sejak 9 Maret. Sekitar tiga saham melaju melawan satu saham yang turun. Adapun, indeks Nikkei 225, indeks Australia S&P/ASX 200, dan indeks Kospi masing-masing sudah melesat 0,8%. Sementara, indeks New Zealand NZX 50 menguat 0,4%.

Mitsushige Akino dari Ichiyoshi Investment Management Co. menilai, perusahaan AS, khususnya sektor teknologi menunjukkan perbaikan, dan itu membantu kepercayaan investor. "Investor terlihat sedikit lebih mengambil risiko dalam berinvestasi," ujarnya.

Reli bursa Asia juga didukung kenaikan saham komoditas. Lonjakan harga minyak dan logam mendongkrak saham-saham produsen komoditas.

Semalam, minyak mentah untuk pengiriman Juni naik US$ 3,17 dollar ke US$ 111,45 per barel di New York. Ini kenaikan terbesarnya dalam sebulan terakhir. Sementara, harga tembaga dan aluminium melonjak 2,1%, yang terbesar dalam dua pekan. Emas kembali mencatatkan rekornya di pasar Asia hari ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar