Jumat, 06 Mei 2011

Akhir Pekan, Lakukan Selective Buying

Headline
INILAH.COM, Jakarta – Bursa saham Indonesia Jumat (6/5) diperkirakan menguat. Investor bisa melakukan selective buying atas beberapa saham.

Ridwan Novayanto, analis dari Bumiputra Capital mengatakan, IHSG akhir pekan ini masih berpotensi menguat, meski terbatas. “Potensi penguatan IHSG didukung ekspektasi kuatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujarnya kepada INILAH.COM.

Menurutnya, rilis data pertumbuhan PDB Indonesia sebesar 6,5% menggambarkan ekonomi domestik masih kuat di tengah tekanan inflasi global akibat kenaikan harga minyak mentah dunia. Sementara itu, consumer spending Indonesia juga masih kuat, ditambah dengan apresiasi rupiah. “Selain pesta dividen Mei yang akan menjadi penambah marak aktivitas pembelian saham,” ucapnya.

Kendati demikian, volume transaksi belum mengindikasikan akumulasi massive dari investor, “Mereka masih wait and see dengan sentimen eksternal terutama terkait rencana bank sentral China yang akan melakukan lagi pengetatan likuiditas,” katanya.

Di tengah situasi ini, Ridwan merekomendasikan investor untuk selective buying pada beberapa saham. Seperti United Tractor (UNTR), yang akan lakukan rights issue untuk ekspansi produksi dengan mengakuisisi tambang-tambang batubara. ”UNTR memiliki target harga hingga Rp27.800,”ujarnya.

Sementara Adaro Energy (ADRO) dipilih karena harga batubara masih tinggi, dan perseroan akan ekspansi produksi, terutama dari batubara kalori rendah. Selain itu, masih ada pasokan batubara produksi 2010 yang belum dikirim, sehingga target produksi 2011 masih bisa terpenuhi. “Rekomendasi ADRO dengan target harga Rp2.675,”imbuhnya.

Saham lain pilihan Ridwan adalah Bank Jabar Banten (BJBR) dengan target harga dapat mencapai Rp1.600. Menurutnya, kinerja kuartal pertama 2011 mengalami kenaikan sementara price to book value (P/BV) masih relatif rendah dibanding industri. “Harusnya harga saham segera menyesuaikan dengan peningkatan laba,” tutupnya.

Pada perdagangan Kamis (5/5), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup naik tipis 1,344 poin (0,03%) ke level 3.816,272. Perdagangan di Bursa Efek Indonesia didukung volume transaksi sebesar 8,237 miliar lembar saham, senilai Rp 5,935 triliun dan frekuensi 162.779 kali.

Sebanyak 122 saham naik, 117 saham turun, dan 90 saham stagnan. Penguatan bursa didukung aksi beli asing, yang masih mencatatkan nilai transaksi beli bersih (net foreign buy) sebesar Rp133 miliar. Rinciannya adalah transaksi beli mencapai Rp1,567 triliun dan transaksi jual sebesar Rp1,433 triliun. [mdr]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar