Jumat, 06 Mei 2011

IHSG Diperkirakan akan Bergerak Mixed Hari Ini

INILAH.COM, Jakarta - Pergerakan IHSG pada perdagangan Jumat (6/5) diperkirakan akan mixed dengan kecenderungan menguat di kisaran 3.795-3.830.

Demikian dikatakan analis saham Panin Sekuritas, Purwoko Sartono kemarin. Pasca-keluarnya data inflasi serta laporan keuangan emiten, belum ada sentimen lain yang dapat mengangkat indeks untuk kembali rally. "Saham-saham yang menjadi pilihan seperti BLTA, ITMG dan MAPI," katanya.

IHSG kemarin berhasil ditutup pada area positif setelah sepanjang hari berada dalam tekanan jual. Pengumuman pertumbuhan ekonomi kuartal I 2011 oleh BPS sebesar 6,5% tidak disambut antusias oleh pasar. Investor tampaknya masih khawatir akan volatilitas harga komoditas termasuk minyak mentah di pasar internasional.

Perlahan tapi pasti koreksi indeks mulai berkurang dengan dipimpin oleh saham2 pertambangan, hingga akhirnya ditutup naik tipis 1,3 poin (0,03%) ke level 3.816,272. Total transaksi mencapai Rp5,9 triliun, foreign mencatatkan net buy Rp134 miliar dan rupiah ditutup melemah di Rp8.570/US$.

Sementara menurut pengamat Pasar Modal, Stefanus Mulyadi Handoko, investor harus berhati-hati sebab penurunan bursa global diakibatkan oleh turunnya harga-harga komoditi, maka seharusnya saham-saham ini juga akan tertekan. "Semalam komoditi logam (nickel dan timah) turun sangat tajam, maka hindari dulu bermain di saham-saham tersebut (ANTM, TINS, INCO)," katanya yang dikutip dari situs steptrader.blogspot.com.

Namun jika saham-saham tambang tertekan dan saham-saham banking yang saat ini berada pada support-support nya juga ikut tertekan. Jadi, dipastikan support kuat indeks di 3789 akan dengan mudah dijebol ke bawah. Jadi waspadai jika skenario tersebut sampai terjadi. "Namun selama belum terjadi tidak perlu terlalu dikhawatirkan," jelasnya.

Secara TA, lanjutnya, penutupan indeks yang membentuk candle hammer dengan volume yang besar, merupakan indikasi yang cukup bagus. Namun indikator-indikatornya masih belum mendukung. Stochastic dan MACD masih death cross. Ditambah dengan penutupan Bursa Global semalam yang tertekan, membuat kondisi indeks belum cukup aman. Support hari ini diperkirakan berada di level 3.780, dan resisten berada di 3825.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar