Kamis, 29 September 2011

Sepuluh sektor memerah, bursa AS ditutup negatif

Sepuluh sektor memerah, bursa AS ditutup negatif
NEW YORK. Bursa AS ditutup di zona merah, kemarin malam. Pada pukul 16.00 waktu New York, indeks S&P 500 turun 2,1% menjadi 1.151,06. Padahal, pada transaksi sebelumnya, indeks S&P 500 sempat ditransaksikan positif dengan kenaikan 0,8%. Sementara itu, indeks Dow Jones Industrial Average turun 1,6% menjadi 11.010,90.

Sepuluh sektor industri yang ditransaksikan pada indeks S&P 500 mencatatkan penurunan setidaknya 0,6%. Saham-saham yang berkaitan langsung dengan pertumbuhan ekonomi dilanda aksi jual.

Beberapa di antaranya yakni Dow Chemical Co dan Alcoa Inc yang melorot setidaknya 4,9% seiring dengan penurunan harga komoditas. Selain itu, Morgan Stanley dan Bank of America Corp juga anjlok lebih dari 4,9%. Salah satu saham yang berhasil naik adalah Amazon.com Inc yang naik 2,5% setelah perusahaan meluncurkan tablet komputer Kindle Fire.

Kecemasan investor mengenai krisis utang Eropa masih menjadi salah satu pemicu penurunan Wall Street. Investor cemas, para pemimpin di Eropa memiliki pandangan terbelah dalam menangani krisis Yunani.

"Eropa merupakan isu utama yang dipikirkan investor. Sehingga, berita apa pun yang ada, berdampak pada pergerakan pasar. Berita negatif sekecil apa pun akan menyeret pergerakan pasar dunia," jelas Peter Jankovkis dari Oakbrook Investments di Lisle, Illinois.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar