Kamis, 29 September 2011

Asing Keluar, IHSG Masih Catatkan Penguatan

INILAH.COM, Jakarta – IHSG akhirnya berhasil melanjutkan penguatan, didukung aksi beli investor lokal atas saham-saham pilihan.

Pada perdagangan Kamis (29/9), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 24,01 poin (0,68%) ke level 3.537,17, dengan intraday tertinggi di 3.549,18 dan terendah di 3.466,62. Demikian pula indeks saham unggulan LQ45 yang naik 6,28 poin )1,02%) ke level 620,81.

Koreksi yang terjadi pada bursa di awal perdagangan, perlahan mulai berbalik hingga indeks bisa ditutup di zona positif. Dibuka langsung anjlok 0,96% ke level 3.479, indeks berbalik menguat hingga pada sesi pertama bertengger di angka 3.518 dan akhirnya ditutup di level 3.537.

Satrio Utomo dari Universal Broker Indonesia mengatakan, IHSG berhasil ditutup menguat dan menembus level resisten, anomali dengan berakhirnya indeks Dow Jones semalam dengan sinyal bearish,

“Hal ini diluar perkiraan pasar yang memperkirakan indeks akan mengikuti sentimen negatif eksternal,” katanya.

Ia menilai, apresiasi IHSG hari ini mendukung pendapatnya kemarin, bahwa asing memang hanya menunggu di luar lapangan. “Asing bahkan mungkin sudah ketinggalan kereta,”ujarnya.

Menurutnya, perubahan yang terus terjadi di krisis Eropa, memang membuat market jadi volatile. Berdasarkan chart DJI, kalau nanti malam voting European Financial Stability Facility (EFSF) disetujui parlemen Jerman, dan DJI naik diatas 11300, berarti bottom sudah berlalu. “DJI dan juga IHSG akan memasuki era bull trend yang baru,” katanya.

Bursa AS semalam mengakhiri rally-nya selama 3 hari berturut-turut dan ditutup terkoreksi 2%, setelah sempat menguat sekitar 0.8% di awal perdagangan. Penurunan bursa AS dipicu kembali munculnya pesimisme bahwa Yunani gagal memenuhi persyaratan fiskal untuk pemberian paket bailout berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar