Kamis, 29 September 2011

Indeks Nikkei ditutup dengan lonjakan 1% pada sesi sore

Indeks Nikkei ditutup dengan lonjakan 1% pada sesi sore
TOKYO. Bursa Jepang berhasil mencatatkan kenaikan pada penutupan perdagangan hari ini. Pada pukul 15.00 waktu setempat, indeks Nikkei 225 Stock Average naik 1% menjadi 8.701,23. Padahal, sebelumnya, bursa Jepang sempat melorot hingga 1,3%. Sepanjang bulan ini, penurunan indeks Nikkei mencapai 2,8%. Sementara, indeks Topix naik 1,1% menjadi 762,30,

Saham-saham berkapitalisasi besar dilanda aksi beli. Beberapa di antaranya yakni Mitsubishi UFJ yang naik 2,3% dan Honda Motor Co berhasil naik setelah sebelumnya melorot. Selain itu, ada pula saham yang dilanda aksi jual. Salah satunya, Tokyo Electric Power Co yang anjlok 11%.

Pemicu kenaikan bursa Jepang hari ini masih dipengaruhi isu Eropa. Investor berspekulasi, pemerintah Jerman akan menyetujui rencana penambahan bailout sehingga dapat membantu menyelesaikan masalah krisis utang Eropa.

"Semuanya masih terkait dengan krisis Eropa. Fokusnya adalah apakah mereka bisa mempertahankan kesatuan," jelas Kenichi Hirano, general manager and strategist Tachibana Securities Co di Tokyo.

Sekadar tambahan informasi, pemerintah Jerman hari ini dijadwalkan akan mengambil keputusan terkait penambahan bailout Eropa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar