Kamis, 29 September 2011

10 Alasan Penyelamatan Zona Euro Bisa Gagal

Tunggu Dukungan Merkel, Bursa Eropa Melemah
INILAH.COM, Jakarta - Saham telah reli beberapa hari terakhir di tengah harapan bahwa para pemimpin Uni Eropa dan pembuat kebijakan yang mendekati kesepakatan yang secara signifikan akan meningkatkan pendanaan ke Dana Stabilitas Keuangan Eropa (EFSF).

Mike Riddell, fund manager M & G Investments percaya ada lebih dari satu atau dua alasan untuk optimisme ini bisa salah. Bahkan, ia percaya ada 10.

1. Risiko bahwa salah satu dari penjamin triple-A-rated EFSF dapat diturunkan, akibat Standard & Poor memperingatkan selama akhir pekan.
2. Riddell juga khawatir bahwa ukuran keuangan EFSF saat ini tidak cukup untuk menyelamatkan Spanyol dan Italia.

3. Namun, ia mengatakan, jika EFSF itu cukup besar untuk menyelamatkan Spanyol dan Italia, meningkatkan peluang downgrade.

4. Hukum risiko. "Investor dalam obligasi EFSF tidak memiliki pemahaman untuk apa uang tersebut akan digunakan. Dan jika ingkar penjamin EFSF mengingkari jaminannya, tidak ada pengembalian uang (jadi jika Slowakia keluar, Jerman akhirnya yang akan menjamin lebih)," Kata Riddell dalam catatan penelitian tentang hal ini Rabu.

5. Fakta bahwa Spanyol dan Italia akan menjadi penjamin awal skema (bailout) tetapi bisa naik dan membutuhkan dukungan EFSF yang menyebabkan masalah kesetaraan.

6. Penjamin bervariasi, beberapa yang mungkin perlu bailout sendiri. "Masing-masing obligasi EFSF memiliki penjamin yang berbeda, sehingga obligasi EFSF pertama kali dikeluarkan pada bulan Januari untuk menyelamatkan Irlandia. Portugal tetap sampai hari ini menjadi salah satu penjamin emisi untuk obligasi tertentu, meskipun Portugal sendiri juga perlu dibailout," kata Riddell, yang juga khawatir bahwa saham atau obligasi yang memiliki rating AAA bisa keluar sektor swasta lainnya atau pemerintah dan mendorong biaya pinjaman jika mereka tidak memiliki jaminan 'eksplisit'.

7. Lebih lagi penerbitan obligasi penjamin. "Lebih jauh, jika bank atau restrukturisasi utang perlu dan penjamin EFSF perlu membayar ke investor EFSF, maka penjamin perlu untuk mengumpulkan uang dengan menerbitkan obligasi, yang meningkatkan tingkat utang, yang membawa Anda kembali ke risiko downgrade penjamin," kata Riddell.

8. Sebuah restrukturisasi utang oleh anggota zona euro akan terbukti bahwa mekanisme dukungan EFSF dan tindakan disiplin fiskal telah gagal. Ini tidak apa-apa untuk mengatasi solvabilitas.

9. EFSF seharusnya berlangsung hingga 2013, ketika itu akan perlu mulai dari awal lagi dengan Mekanisme Stabilitas Eropa (ESM), yang berada di bawah koordinasi EFSF.

10. Dan akhirnya, kurangnya pra-pendanaan. "Investor perlu dibujuk untuk menjadi bagian untuk berinvestasi dengan mandat ekspansi bahwa untuk meminjamkan uang kepada pemerintah dan bank-bank Eropa hanya dalam waktu ketika pasar telah memutuskan," kata Riddell seraya menambahkan bahwa pemerintah dan bank-bank sedang bangkrut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar